Cara mengembalikan file yang diserang Cryptolocker

Saya pernah membahas mengenai Cryptolocker yang adalah sebuah virus jahat, tujuannya bukan untuk merusak file atau komputer melainkan memeras korbannya dengan sejumlah uang melalui pembayaran Bitcoin. Jadi seluruh file yang berhubungan dengan pekerjaan adalah yang diincarnya dan membuatnya tidak bisa digunakan karena dienkripsi, untuk mendapatkan kunci pembukanya anda harus membayar si penyerang dalam batas waktu tertentu – kalau tidak akan benar – benar hilang kesempatan anda.

Jaringan server Cryptolocker tengah tahun ini mulai diburu dan berhasil mematikan sebagian besar server validasinya melalui Operation Tovar, karena itu tingkat penyebarannya turun drastis setelahnya.

Realfintogive / Wikimedia Commons
Realfintogive / Wikimedia Commons

Dari hasil operasi pembersihan ini sekarang ada kabar gembira bagi anda karena ada harapan untuk menyelamatkan file anda yang pernah terinfeksi Cryptolocker dan masih menyimpan file – filenya.

Anda bisa menggunakan layanan Decrypt Cryptolocker yang disediakan gratis oleh FireEye dan Fox-IT, yang perlu anda lakukan adalah mengisikan alamat email dan menyisipkan satu buah file yang dienkripsi oleh Cryptolocker dari komputer tersebut, isikan CAPTCHA dan klik Decrypt it!.

Nanti anda akan mendapatkan email yang berisi kunci pembuka enkripsi (master decryption key) dan link download software decryptornya. Harap diingat bahwa setiap komputer memiliki kode kunci yang berbeda, jadi kalau ada beberapa komputer yang terserang maka anda harus mengupload contoh filenya satu per satu untuk masing – masing.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! 😀

Tulis komentar...