Cara mengenali font tulisan dalam gambar dengan WhatTheFont!

Penasaran dengan font apa yang digunakan pada tulisan? Kalau tulisan tersebut berada dalam dokumen seperti Word anda bisa dengan mudah melihatnya pada bagian Font di Microsoft Word. Sayangnya tulisan tersebut berada pada gambar, sehingga anda tidak mudah melakukan pencarian font yang sama.

Internet memiliki ratusan ribu variasi font, ini tidak meringankan beban anda mencari nama dari suatu font. Anda bisa saja ingin menggunakan font yang berada dalam gambar, sayangnya anda tidak tahu apa namanya – hanya memiliki gambarnya. Kasus lain anda memiliki file fontnya tapi tidak mengetahui namanya. Situasi seperti ini biasa dialami oleh desainer grafis atau web. Untungnya ada layanan yang dapat membantu anda mengetahui nama dan jenis font yang dipakai.

Anda bisa menggunakan website WhatTheFont! untuk mengenali font yang terdapat dalam gambar. Cukup upload gambar yang anda miliki atau bisa juga menggunakan alamat link gambar bila tersedia di internet. Klik “Continue” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
whatthefont
Kemudian isikan bagian yang ditandai dengan karakter yang anda kenali. Ini berguna untuk meningkatkan akurasi deteksi font yang digunakan dalam karakter tulisan. Klik “Continue” bila anda sudah selesai mengisikan karakter yang dikenali.
whatthefont-character-selection
Hasil proses pengenalan font akan ditampilkan, jumlah font yang ditampilkan bisa lebih dari satu tergantung tingkat kemiripannya. Anda juga akan diberikan link download font untuk setiap hasil font yang ditampilkannya.
whatthefont-results
Saran saya untuk meningkatkan akurasi pengenalan font adalah dengan cropping bagian yang hanya berisi teks, hasil pemotongan gambar inilah yang anda upload untuk dikenali. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk mengurangi objek yang berada dalam gambar, jadi yang tidak perlu selain tulisan sebaiknya dihapus saja.

2 pemikiran pada “Cara mengenali font tulisan dalam gambar dengan WhatTheFont!”

Tulis komentar...