Cara mengetahui aktivitas sign-in akun Yahoo!

Curiga kalau akun Yahoo! anda diakses oleh orang lain? Bisa jadi email pada Yahoo anda dibaca dan dimanipulasi orang lain, tentu ini merupakan masalah besar bagi privasi dan keamanan anda.

Kebocoran password bisa jadi karena password anda terlalu mudah ditebak, anda memberitahu orang lain password anda atau terdapat software penyadap ketikan komputer seperti keylogger di komputer anda gunakan.

Nah bagaimana cara memastikan adanya akses email Yahoo diluar sepengetahuan anda? Anda bisa menggunakan fitur Recent Login Activity dari Yahoo, dengan melihat informasi pada halaman ini anda bisa melihat catatan atau log aktivitas sign-in ke akun Yahoo.

Untuk mengaksesnya silahkan login ke email Yahoo anda terlebih dahulu, kemudian di pojok sebelah kanan atas pilih simbol gear tepat disebelah nama akun anda.
yahoo-settings

Pilih Account Info dan anda akan dialihkan ke halaman sign-in Yahoo dan silahkan login kembali, hal ini dilakukan untuk memastikan yang mengakses halaman ini benar – benar si pemilik akun Yahoo. Pada bagian Account Information ini geser sedikit kebawah sampai anda melihat bagian Sign-In and Security, pilih View your recent sign-in activity.
yahoo-account-information-sign-in-and-security

Disini bisa dilihat log dari aktivitas sign-in akun Yahoo milik anda. Terdapat informasi sign-in akun seperti

  • Tanggal dan waktu beserta zona waktunya.
  • Tipe akses seperti browser, mobile atau messenger.
  • Event yang terjadi atau apa saja yang dilakukan seperti login berhasil dan akses ke email.
  • Lokasi dari login, biasanya negara tempat asal akses akun Yahoo.

yahoo-sign-in-and-security-recent-login-activity

Coba anda perhatikan apakah ada akses yang aneh pada akun Yahoo anda? Bila iya, sebaiknya anda merubah password anda dan bersihkan komputer anda dari keylogger terlebih dahulu. Jika tidak, saran saya tetap bisa anda jalankan untuk lebih memastikan keamanan akun anda.

2 pemikiran pada “Cara mengetahui aktivitas sign-in akun Yahoo!”

Tulis komentar...