Cara mengetahui alamat IP di Android

Kalau anda sering menggunakan handphone atau tablet Android dalam jaringan WiFi maka informasi apa alamat IP yang digunakan kadang diperlukan. Secara pribadi saya memerlukannya untuk melakukan pendataan perangkat yang terhubung ke hotspot dan merapikan IP address yang terpakai.

Di Android sendiri sebenarnya informasi ini bisa kita dapatkan tanpa menggunakan aplikasi apapun tapi memang agak tersembunyi lokasinya. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, kalau milik anda berbeda maka silahkan diadaptasikan saja.

Jadi anda tinggal membuka Settings (Pengaturan) dan kemudian didalam bagian Wireless & Networks tap pada WLAN.
android-settings

Nah.. pada daftar nama wireless network yang tersimpan dalam ponsel anda tap pada tombol menu. Akan muncul opsi Advanced WLAN, tap saja.
android-wlan-menu

Maka dibagian paling bawah akan muncul apa IP address untuk perangkat Android anda dalam kotak IPv4 dan MAC address kalau anda membutuhkannya.
android-advanced-wlan

Bisa dilihat bahwa handphone saya otomatis diberikan alamat IP 192.168.1.2 melalui DHCP oleh modemnya.

Cara ini hanya berlaku untuk mengetahui Private IP address dalam jaringan hotspot, tapi anda bisa mengganti setting alamat IP kalau mau beserta dengan DNS servernya. Jika anda membutuhkan public IP address maka bisa menggunakan situs seperti ifconfig.me.

Sayangnya untuk koneksi data menggunakan operator telekomunikasi masih belum ada caranya melalui konfigurasi internal Android, dan biasanya memerlukan root.

13 pemikiran pada “Cara mengetahui alamat IP di Android”

    • Halo Daniel, kosong? Berarti tidak sedang tersambung mestinya mas. Oh ya, cara diatas itu ternyata cukup rumit. Lebih mudahnya akses Settings (Pengaturan/Setelan) > bagian System tap pada About (Tentang) > Kemudian tap lagi di Status, nanti didalamnya akan ada alamat IP handphone Android anda dan ini bisa dilakukan untuk koneksi data seluler juga.

    • Mas saya mau tanya knap alamat MAC dan alamat IP saya ngak kebaca/kosong
      Jadi sya mau pakek wifi ngak bisa terhubung
      gmna cara.nyavagar saya bisa tau alamat MAC dan alamat IP sya
      Tolong kasih tau solusi.nya mas

    • Mas buka Settings > About > Status > nanti ada MAC Addressnya.

      Atau maksudnya mas ini sudah cek isinya kosong? Bukan karena mas pakai custom ROM kan?

  1. kang mau tanya… di tempat ane kan ada signal wifi.. pas ane sambungin dapat signal tuh.. tp g bisa buat internetan.. kata temen itu settingan ip nya yg harus di rubah… yg ane tanyakan.. gimana caranya supaya tau no ip diri wifi yg udah nyambung itu…? makasih

    Balas
    • Selamat pagi Anta, tidak ada pesan error saat browsing misalnya? Connection Timed Out atau DNS Probe Finished No Internet misalnya?

      Kalau alamat IP dari modem WiFi asalkan sudah berhasil tersambung mudah mas, cari saja apa alamat IP dari bagian bernama Internet Gateway (istilahnya bisa lain tapi yang pasti ada Gatewaynya). Kalau anda bingung dan semoga saja setting perangkat WiFinya masih default bisa langsung diisikan 192.168.1.1 atau 192.168.1.254.

  2. Kang mau nanya knp ya wifi saya ngk bisa masuk playstore dan knp ada tulisan periksa dan coba lg padahal wifi terhubung dan buat browsing bisa mohon di bantu ya kang

    Balas
    • Halo Sahrul, pakai hp apa mas? WiFi ini di rumah atau disemua tempat masalahnya? Hanya di PlayStore ya? Ada pesan errornya?

  3. Kang punten mau nanya.kenapa ip address saya kosong ya..rom masih original sebelumnya pernah di root.pas di factory reset posisi masih dlm keadaan root trus ip address saya hilang.mohon ijin pencerahannya.tks

    Balas

Tulis komentar...