Cara mengetahui asal gambar atau foto dengan TinEye

Penasaran dari mana asal foto atau gambar yang anda lihat? Kalau mencari artikel anda masih bisa menggunakan Google Search, bagaimana kalau anda hanya memiliki gambar tanpa tahu namanya dan informasi apapun mengenai gambar tersebut? Mungkin anda ingin tahu dimana saja gambar tersebut ada di internet atau mencari tahu siapa nama orang yang ada di dalam foto.

Semuanya masih ada kemungkinan berhasil dengan mesin pencari khusus gambar yang termasuk jenis “Reverse Image Search” atau mencari gambar terbalik kalau diartikan. Dinamakan seperti itu karena kita mencari informasi berdasarkan gambar, bukan kita mencari gambar dengan keyword tertentu seperti pada umumnya.

TinEye adalah salah satu layanan reverse image search yang mampu mencari informasi mengenai suatu gambar di internet. Bagaimana cara menggunakan TinEye untuk melacak gambar dan foto? Ada 2 cara yang bisa anda gunakan sebagai sumber pencarian yaitu gambar dari komputer anda atau gambar yang ada di website (anda harus memiliki link ke file gambar tersebut).
tineye

Cara mencari informasi berdasarkan gambar di TinEye

Kalau gambar tersebut ada di komputer anda maka dari halaman utama TinEye klik Choose File pada bagian Upload Your Image. Disini saya mencari menggunakan gambar maskot game Fallout si PipBoy.
tineye-upload-your-image

Atau bila anda ingin mencari informasi gambar yang ada di website maka isikan linknya pada kotak yang disediakan pada bagian Enter Image Address.
tineye-enter-image-address

Proses pencarian akan dimulai dan hasilnya akan muncul di halaman hasil pencarian TinEye. Berapa hasil gambar yang ditemukan dan informasi berapa jumlah gambar yang ditelusuri dalam waktu tertentu akan muncul.
tineye-result-statistic

Hasil pencarian gambarnya akan muncul dengan beberapa informasi seperti link halaman dan alamat website gambar tersebut berada, kapan gambar tersebut diindeks oleh TinEye, apakah file gambar tersebut sama atau mirip, format gambar yang digunakan, dan ukuran file gambarnya.
tineye-result
Klik Compare kalau ingin membandingkan gambar sumber dengan gambar hasil pencarian.
tineye-compare-images

TinEye merupakan tool ideal dalam mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai gambar atau foto. Anda bisa menggunakannya untuk melacak sejarah gambar tersebut di internet. Anda juga bisa mengintegrasikan TinEye dengan Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer dan Opera – Jadi anda cukup klik kanan pada gambar pada website untuk mencarinya.

10 pemikiran pada “Cara mengetahui asal gambar atau foto dengan TinEye”

  1. trims infonya gan 🙂
    tapi ane sudah coba beberapa ada yg berhasil tapi ada beberapa juga yang gak, padahal itu gambar semua sebenarnya ada di internet. ane coba penelusuran pake gambar yg sudah ane download di internet. ane juga sebelumnya juga pernah iseng pake yg di google tapi tetap ada yg gak berhasil juga, padahal tu gambar hasil ane download di internet. kenapa ya gan ? ada cara lain mungkin gan ?

    Balas
    • Selamat dini hari mas. 🙂

      Jadi TinEye atau Google Search By Image itu kategori layanannya adalah Reverse Image Search, kalau anda mencari situs dengan fungsi sejenis ya cari saja dengan keyword tersebut. Tapi menurut pengalaman saya yang terbaik adalah milik Google atau TinEye, yang lainnya masih belum menandingi kemampuan dan jumlah database gambar – gambarnya.

      Nah… berlanjut ke pertanyaan selanjutnya mas, kenapa kok pencarian gambar tidak ada hasilnya. Aslinya penyebabnya tidak banyak, kemungkinan gambar tersebut tidak dikenali atau tidak ada datanya. Macam – macam sih alasannya:

      1. Masih belum diindex.
      2. Diblokir oleh pemilik website.
      3. Nama file gambar tidak deskriptif.
      4. Kualitas gambar rendah.
      5. Isi gambar tidak dikenali.

      Solusinya… ya sayangnya untuk pencarian berdasarkan foto atau gambar terbaik masih dipegang oleh Google dan disusul oleh TinEye, kalau mereka masih belum memberikan hasil yang tidak memuaskan… sementara masih belum ada alternatif yang lebih baik. Mungkin kalau anda menggunakan Android bisa mencoba aplikasi Google Goggles yang diciptakan untuk mengenali benda atau gambar.

  2. maaf ya gan, untuk reverse search image kayaknya kalo tineye sama google belum terlalu spesific mengenai face detector berdasarkan biometric. Kalo sejenis saya pake bing, yandex dibantu sama betaface.

    Untuk saat ini saya belum menemukan tempat yang begitu akurat untuk melacak gambar, apalagi sekarang socialcatfishing udah meraja lela. But, thanks share nya.

    Balas

Tulis komentar...