Cara mengetahui DPI gambar

Teman saya kemarin mengeluh karena gambar barang yang akan diupload ke Tokopedia ditolak karena DPInya kurang besar. Katanya sih minimal DPI untuk foto produk di Tokped adalah 300 DPI dan teman saya ini tidak tahu berapa untuk gambar yang dimilikinya. Padahal caranya sendiri sangatlah mudah dan tidak perlu install aplikasi apapun.

Jadi kalau kita pakai Windows maka solusinya tinggal klik saja pada file gambarnya dan kemudian klik kanan dan pilih Properties.

dpi-gambar

Nah disinilah kita sering kelewatan atau tidak tahu, langkah selanjutnya adalah membuka tab Details. Kemudian geser jendela informasinya agak kebawah sampai di bagian Image. Silahkan perhatikan angka yang muncul pada baris Horizontal resolution dan Vertical Resolution, itulah besar DPI gambar anda.

Dan dari sini akhirnya saya belajar bahwa ukuran gambar dan DPI itu hal yang berbeda. Pemahaman saya Dot Per Inch ini merupakan densitas titik dalam satu bidang, dan berpengaruh pada tingkat detailnya gambar. 🙂

Rata – rata foto yang diambil pakai handphone tampaknya memiliki DPI 72 atau 96 dan untuk meningkatkannya butuh program yang bisa resample DPI. Bukan dikonversi biasa jadinya.

Tags:, ,

Leave a Reply