Cara mengetahui IP address website

Setiap website akan memiliki alamat IP untuk bisa diakses melalui internet, apalagi setiap negara memiliki kode IP yang berbeda. Ini berguna kalau anda ingin mengetahui lokasi website atau ingin menyelidiki posisi si pemilik situs. Kalau anda ingin tahu apa IP address dari suatu situs, blog, toko online atau forum maka tidak perlu bersusah – susah mencarinya, asalkan anda online maka bisa dengan mudah mengetahuinya.

Ada beberapa cara untuk melacak alamat IP dari suatu website, silahkan dicoba satu persatu. Yang pasti anda memerlukan command prompt Windows untuk melakukannya.

Cek alamat IP website menggunakan ping

Pertama adalah dengan menggunakan perintah ping disusul dengan alamat websitenya dan tekan ENTER. Contohnya: ping utekno.com.

windows-7-command-prompt-ping

Hasil jawaban dari perintah ping akan mengembalikan IP address dari situs yang dituju, tepat di sebelah Reply from.

Cek IP address situs dengan nslookup

Cara alternatif adalah dengan menjalankan perintah nslookup. Contoh: nslookup utekno.com.

windows-7-command-prompt-nslookup

Perintah nslookup berfungsi untuk mencari tahu apa alamat website dari DNS server yang digunakan, disini komputer saya menggunakan Google Public DNS. Dari hasil pelacakan IP address ditemukan ada 4 alamat IP totalnya, 2 berformat IPv4 dan 2 lagi dalam format IPv6.

2 pemikiran pada “Cara mengetahui IP address website”

    • Halo, kalau dari deskripsinya: http://www.bing.com/toolbox/verify-bingbot
      “Use the Verify Bingbot tool to get a verdict whether or not an IP address you found in your server logs and claiming to be Bingbot is in fact a verified Bingbot address.”

      Ini untuk verifikasi apakah bot BING benar – benar yang mengunjungi server atau website anda, dicek dari alamat IP pengunjungnya.

Tulis komentar...