Cara mengetahui kapan Windows diinstall

Mungkin anda hanya penasaran kapan tepatnya sistem operasi Windows diinstall di komputer anda, siapa tahu informasi semacam ini dibutuhkan di kemudian hari. Saya sendiri memerlukannya untuk memastikan ucapan teknisi saat memperbaiki komputer bahwa apa yang diminta benar – benar dilakukan dan bukan cuma alasan untuk menunda service komputer. Memang tidak ada konfrontasi mengenai beda waktu instalasi Windows, tapi ungkapannya adalah “Mulutmu harimaumu”, jelas saya tidak merekomendasikan toko komputer tersebut kembali.

Ternyata caranya sangatlah mudah kok, berbekal command prompt dan dengan hak administrator tentunya. Anda cukup mengetikkan perintah systeminfo | find /i “install date” dan kemudian tekan ENTER. Silahkan tunggu proses enumerasi data Windows sesaat, kurang lebih 10-20 detik saja.

cmd-systeminfo-find-i-install-date

Nanti akan muncul informasi seperti berikut:
Original Install Date:???? 12/2/2012, 9:04:00 PM

Jadi waktu instalasi sesungguhnya memang tercata dalam Windows dan bisa dicari kembali. Sekarang teknisi bandel tidak bisa berkelit lagi kalau waktu perbaikan lama dengan alasan install ulang Windows.

Tulis komentar...