Cara mengetahui module Drupal apa saja yang digunakan dengan Drupal X-Ray

Drupal merupakan salah satu CMS yang populer digunakan dan terkenal dengan tingkat konfigurasinya yang lebih mendetail dibanding WordPress. Keunggulan Drupal adalah anda bisa membuat website jenis apapun hanya dengan menambahkan module ke dalamnya. Apalagi jumlah module Drupal sangatlah banyak dan memiliki fungsi yang bervariatif.

Kalau anda ingin mengetahui sebuah situs yang dibangun menggunakan Drupal dipasang module apa saja, ada cara mudahnya kok. Silahkan gunakan layanan Drupal X-Ray. Cara menggunakan Drupal X-Ray ini sungguhlah mudah, cukup isikan alamat website yang anda ketahui menggunakan Drupal dan selanjutnya klik Scan. Disini saya mencontohkan menggunakan website drupal.org.
drupal-x-ray

Proses scan akan dimulai dan lama proses pemindaian ini tergantung seberapa kompleks websitenya, dan apakah sudah pernah discan sebelumnya oleh orang lain ini dikarenakan hasil scan websitenya akan disimpan oleh Drupal X-Ray.

drupal-x-ray-scan-drupal-org

Setiap module yang berhasil dikenali akan otomatis ditampilkan dan disertai link ke halaman module tersebut di website Drupal. Jadi anda bisa segera membaca informasinya, kalau cocok langsung mendownload module tersebut dan mencobanya di situs anda.

Selain informasi module Drupal apa saja yang diinstall di situs tersebut anda akan dapat mengetahui versi Drupal yang digunakan. Jangan lupa perhatikan tanggal Last scanned yang terletak dibawah, ini yang menunjukkan laporan scan module terakhir dijalankan. Jadi belum tentu yang anda lihat datanya adalah yang terbaru.

Satu pemikiran pada “Cara mengetahui module Drupal apa saja yang digunakan dengan Drupal X-Ray”

Tulis komentar...