Cara mengetahui pemilik nama domain dengan WHOIS

Nama domain merupakan salah satu properti di internet, dengan memiliki nama yang bagus dan mudah dihapal maka akan dikenali lebih baik. Kadang mencari tahu siapa pemilik website bisa dilakukan melalui pengecekan identitas pemilik domain tersebut, caranya cukup mudah kok.

Anda bisa menggunakan layanan WHOIS (dari kata who is, artinya siapakah) untuk mengetahui data diri si pemilik nama domain yang anda incar, mungkin ingin membeli domain tersebut atau penasaran orangnya saja. Salah satu layanan untuk WHOIS domain adalah DomainTools, yang perlu dilakukan untuk cek pemilik domain hanyalah mengisi nama domain dan klik Lookup.

domaintools-whois

Setelah itu halaman informasi domain tersebut akan muncul, mulai dari nama asli, alamat, kodepos, email, nomor telepon dan semacamnya.

domaintools-domain-whois-info

Tapi tidak ada jaminan kalau data diri yang didaftarkan adalah asli, ada kemungkinan dipalsukan walaupun hal ini dilarang. Ada juga fitur untuk merahasiakan informasi pemilik domain yaitu WHOIS Privacy, nantinya seluruh data mengenai identitas pemiliknya akan ditutupi dengan informasi lain.

domaintools-domain-whois-privacy

Selanjutnya dari hasil whois anda bisa mencoba menghubungi si pemilik atau menggunakannya untuk memastikan keaslian sebuah website, terserah anda sebenaranya.

2 pemikiran pada “Cara mengetahui pemilik nama domain dengan WHOIS”

  1. gak bisa gan, di who.is unaviliable. Saya mau cek pemilik blog yang copypaste / plagiat blog punya saya, adakah cara lainnya gan ? atau bisa bantu saya untuk ngelaporin ke DCMA, soalnya laporan saya ditolak terus sama DCMA

    Balas

Tulis komentar...