Cara mengetahui PUK Telkomsel

Melindungi akses nomor handphone dengan PIN (Personal Identification Number) memang kadang diperlukan untuk mencegah orang lain menyalahgunakannya, baik iseng ataupun berniat buruk. Tapi jeleknya kalau saat verifikasi PIN gagal sampai 3 kali maka nomor SIM anda akan langsung terblokir dan kita tidak bisa menggunakannya sampai kita memulihkannya menggunakan PUK (Personal Unblocking Key).

Hal ini dialami teman saya pada kartu Simpati dan kebetulan kartu As juga sama metodenya, keduanya memang sama – sama produk Telkomsel.
telkomsel-logo
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan PUK ini, kita mulai yang bisa anda lakukan sendiri. Pertama silahkan anda lepaskan SIM card Simpati / As anda dari handphone dan kemudian catat 16 angka yang tercantum di kartunya. Ini adalah kode ICCID (Integrated Circuit Card ID).

  1. Jika sudah maka kembali pasang kartu operator anda dan langsung saja hubungi nomor 155 untuk bantuan pelanggan. Ikuti petunjuk yang disampaikan nantinya dan berikan nomor handphone anda yang bermasalah juga nomor ICCID saat diminta, nanti akan diberitahukan apa nomor PUK anda.
  2. Alternatifnya adalah dengan menghubungi Contact Center Telkomsel di 188 dan langsung minta bantuan operator yang melayani anda apa nomor PUK anda. Kalau tidak salah untuk layanan ini akan dikenai biaya, Rp.300,- seingat saya.

Kedua cara diatas bisa dilakukan dari nomor lain, jadi pinjam sama ponsel teman kalau anda tidak memiliki handphone cadangan.

Bila solusi diatas tidak berhasil anda jalankan atau malah menjadi bingung maka alternatif terakhir adalah langsung menuju GraPaRi Telkomsel di kota anda untuk langsung ditangani customer service mereka. Ini cukup cepat kok prosesnya, kalau tidak mengantri banyak orang.

Semoga ini juga membantu mengatasi masalah anda. 🙂

17 pemikiran pada “Cara mengetahui PUK Telkomsel”

    • Halo Agun, hubungi call center Telkomsel mas: 188 Nanti mas berikan nomor handphonenya dan akan diberitahu apa PUKnya. Kalau masih bingung langsung saja datang ke Grapari di kota anda, tidak rumit kok prosesnya.

  1. Udah dihubungi call center telkomsel tapi tidak mau juga dikasih harus tetap pergi digrapari

    gimana dong, tempat kita jauh dari sana

    • Halo Jusriana, wah… sudah berubah kalau begitu mbak prosedurnya. Dulu masih bisa soalnya. 🙁 Ya terpaksa anda ke Grapari untuk mengurusnya.

  2. Yang jadi masalah adalah 16 no dibelakang kartu min, dulu pernah hilang tapi dari telkomsel digantu kartu dengan no hp sama. apakah bisa? terima kasih.

    • Halo Afan, setahu saya kodenya ikut berubah mas. Paling mudah sih mas sempatkan datang ke Grapari biar diuruskan semuanya.

    • Halo Welsi, wah… tidak bisa sendiri ini ngurusnya. Harus tanya ke customer service Telkomsel lewat telepon atau datang sendiri ke kantornya.

Tulis komentar...