Cara mengetahui riwayat aktivitas akun Google

Email merupakan salah satu alat komunikasi penting sekarang ini, apalagi setiap akun layanan online mulai dari situs social media sampai toko online akan membutuhkan alamat email untuk mendaftarkan diri. Karena itu janganlah sampai ada yang tahu apa password email anda karena ini bisa menjadi masalah besar terhadap privasi dan keamanan anda di internet. Kalau curiga ada yang mengakses akun Google selain anda sendiri maka anda bisa mengecek riwayat aktivitas penggunaan akun Google anda.

Anda cukup mengunjungi halaman Recent Activity di Google, kalau anda dalam keadaan signed-in maka akan otomatis keluar daftar aktivitas anda selama menggunakan Google dan ini tidak dibatasi pada GMail saja, setiap produk Google yang digunakan akan tampil disini datanya. Informasi yang ditampilkan adalah tanggal dan waktu kapan sesi tersebut aktif, menggunakan browser apa masuk ke akun Google dan sistem operasi apa yang dipakai, juga dilengkapi dimana lokasinya.
google-your-recent-activity
Kalau anda geser halaman agak ke bawah akan diberikan peta lokasi, alamat IP yang digunakan, nama browser dan versinya, beserta sistem operasi yang digunakan.
google-your-recent-activity-map
Silahkan cek aktivitas anda yang tertera di halaman ini, bandingkan dengan ingatan anda bahwa memang digunakan sendiri pada waktu tersebut. Jika ada aktivitas yang mencurigakan seperti login bukan dari kota tempat anda tinggal, menggunakan perangkat yang tidak dimiliki, atau waktunya memang salah maka segera ganti password anda sebelum terlambat. Kalau anda lupa logout dari komputer lain lebih baik segera ubah password akun Google anda, ini mencegah akses tanpa ijin.

2 pemikiran pada “Cara mengetahui riwayat aktivitas akun Google”

Tulis komentar...