Cara mengetahui situs terkena Blacklist atau Banned Google

Bayangkan bila anda telah bersusah payah untuk membuat website, setiap hari mengisi artikel, menata desain dan pastinya tidak dalam waktu singkat. Pada suatu hari traffic website hasil kunjungan dari pencarian Google tiba – tiba menurun drastis bahkan tidak ada sama sekali. Panik tentunya, bahkan bisa histeris. Dengan semangat anda memastikan nasib situs anda, apakah website anda terkena blacklist atau banned Google?

Anda mungkin merasakan ada yang aneh dengan kunjungan situs yang berkurang drastis tapi tanpa tahu penyebabnya. Anda mencoba mencari situs anda di pencarian Google? dengan keyword site:namasitusanda.com dan ternyata hilang semua index halaman dari situs web atau blog anda tanpa informasi apapun dari Google.

Bagi anda yang ingin memastikan apakah website atau domain anda termasuk blacklist atau ban Google, ada satu cara pasti untuk mengetahui apakah website anda telah dihukum Google.

Google Search blacklist

Bila domain atau situs anda terkena blacklist atau ban Google, maka Google bot tidak akan melakukan index atau crawling ke situs anda. Anda bisa melihat hal ini dengan cara melihat kapan akses terakhir dari bot Google ke situs anda.

Anda bisa melihatnya dengan log dari hosting anda atau mudahnya silahkan ke account Google Webmasters Tools anda, pilih situs anda dan lihat pada Crawl stats.

Google Webmaster Tools page crawled

Bila angka pada page crawled per day di 0 dan tetap di 0 setelah beberapa hari maka itu adalah kabar buruk bagi anda.

7 pemikiran pada “Cara mengetahui situs terkena Blacklist atau Banned Google”

  1. Benar Gan, sia2 aja deh usaha yang kita bangun kalau ternyata masuk listed blacklist. Ane juga curiga nih sama situs sendiri, kok hasil SERP jauh banget. Ana coba cek di blacklistalert ada beberap yang listed. Nah untuk info tmbahan gan bisa di share juga nih cara supaya bisa keluar dari listed tsb? Atau harus ganti domain ya?

    Balas
    • Halo Sayyid, intinya lebih mudah beli domain baru daripada merepotkan diri keluar dari blacklist Google. Soalnya anda harus disavow link misal profil backlink domain tersebut bermasalah (spam link), dan ini juga menghubungi masing – masing pemilik situs untuk menghapus link ke website anda. Setelah itu menunggu Google mengupdate indexnya lagi. Proses ini memakan waktu berbulan – bulan hingga tahu kalau dari hasil baca – baca saya.

    • siang mas, saya mau minta tolong bagaimana cara perbaiki/ membetulkan akun IG yang emailnya mungkin di banned atau apalah semacamnya, karena ketika masuk email tersebut emailnya justru malah tidak dikenali. saya masuk ke rocketmail lewat Yahoo. tapi katanya tdk dapat dikenali. tujuan saya sebetulnya ingin tutup akun IG tersebut. Karena pada waktu verifikasi nya telat, dan ada kecelakaan HP saya hilang jadi akun IG tersebut gak bisa kebuka. saya coba reset paswd, dikirim ke email saya yg rocketmail. email tsb malah tdk bisa kebuka. nomor yang saya pakai untuk akun IG tersebut pun kan hilang bersamaan dgn HP nya. ada yang bisa bantu kah atau mas sendiri bisa mengatasinya huhu terima kasih

Tulis komentar...