Cara mengetahui tarif Bea Masuk impor

Membeli barang dari luar negeri jelas kita akan berurusan dengan bea cukai untuk membayar pajak impornya. Walaupun nanti kita anda mendapatkan tagihan yang berisi berapa besar tanggungan pajak yang harus dilunasi kepada bea cukai atau PJT (Perusahaan Jasa Titipan) tetap saja lebih kita menghitung sendiri sehingga tidak kaget melihat jumlah yang dibayarkan.

Setiap jenis barang yang masuk ke Indonesia akan memiliki kategori atau jenis yang menentukan berapa persen pajak bea masuknya, dan untuk mendapatkan informasi ini cukuplah mudah. Kita tinggal mengakses situs resmi Beacukai dan membuka halaman Browse Tarif Bea Masuk.
beacukai-cek-tarif-bea-masuk
Disini anda bisa mencari data mengenai berapa bea masuk dari barang yang anda impor. Ada 3 cara untuk melakukan pencarian:

  1. HS Code (Harmonization System) – Sistem pengkodean dan tarif barang internasional. Kalau anda tahu apa kodenya bisa langsung dimasukkan.
  2. Uraian Bahasa Indonesia – Mencari dengan kata – kata kunci dalam bahasa Indonesia. Cocok bagi kita yang kesulitan menjelaskan barangnya dalam bahasa Inggris.
  3. Description in English – Sedangkan ini cocok bagi kita yang tahu apa jenis barangnya dalam bahasa Inggris dan kesulitan menemukan kosakata lokalnya.

Jika sudah langsung saja klik Cari, dan akan langsung muncul tabel berisikan HS Code, BM Tax (Pajak Bea Masuk), Uraian Indonesia, Uraian Inggris, Referensi Surat Keputusan, dan Tanggal Berlaku Sejak.
beacukai-tabel-bea-masuk-telepon-seluler
Disini saya mencari informasi mengenai pajak impor dari handphone dengan menggunakan kata kunci telepon atau seluler. Ternyata pajaknya adalah 0%. Selanjutnya dari angka tersebut kita harus menghitung pajak impor secara lengkap baru mendapatkan hasil akhirnya, bea masuk ini termasuk tahap pertama.

36 pemikiran pada “Cara mengetahui tarif Bea Masuk impor”

  1. HAI GAN
    BOLEH NANYA NGGAK?
    KIRA2 (MAAF) KONDOM LOLOS BEA CUKAI NGGAK?
    SOALNYA SAYA MAU BELI KONDOM dari Cina

    Mohon dijawab gan
    Ini pertanyaan serius bukan candaan
    saya mau bl lwt *bay.co*M

    Balas
    • Tergantung jenis bukunya seingat saya, kalau buku pendidikan dan buku novel lain bea masuknya. Tapi pada dasarnya kalau dibawah $50 pas masuk Indonesia ya aman mas. Tidak kena pajak.

    • Halo Titik, kalau di Cina tidak boleh ada produk daging dan ikan mbak. Makanan basah juga akan disita. Makanan kering seperti kue, mi instan biasanya lolos. Kalau kerupuk asal bukan olahan dari ikan atau udang kadang aman.

      Tergantung pihak bea cukai disana jadinya.

  2. Hallo, kalau di tabelnya untuk kolom BM Tax isinya angka 5 berarti artinya apa ya?

    kemudian kalau saya pindahan dari luar negeri kirim barang saya sendiri ke indo isinya lebih dari $50 isinya baju baju coats tas sepatu buku dsb (used goods) apakah kena bea masuk juga?

    Balas
    • Halo Theresia, itu berdasarkan daftar bea masuk barang – barangnya mbak. Ada di situs bea cukai mengenai jenis dan berapa pajaknya.

      Itu ada declarenya seingat saya, mbak kirim pakai ekspedisi atau dibawa sendiri? Asalkan tidak dalam kemasan biasanya akan lolos dengan tanpa proses macam – macam dari bea cukai. Jadi memang terlihat wajar telah digunakan.

  3. Halo, boleh minta tolong? Saya rencana Import barang komoditas dari Amerika by Courier Fedex. Dari Amerika dikasi HS Information : 2707.99.9090 Non-Hazardous
    Sedang dari Singapore (sama jenis produk) dikasi HS#38013000. Kalo HS dari Amerika di cari di situs Bea Cukai, tidak diketemukan, bahkan turun dari 6-digit – 4 -digit juga tidak diketemukan. Kalo dari Singapore ada. Bagaimana ya solusi tepatnya, di situs Bea mana yang bisa kita cari dengan HS dari Amerika? Terima kasih atas bantuan sebelumnya.

    Balas
    • Saya cek di Indonesia National Trade Repository: http://eservice.insw.go.id/ juga tidak ada mas. Dari pengalaman lebih update yang ini. Ini vapor kah? Mungkin belum diklasifikasikan di Indonesia. Beli dari Singapura saja mas supaya jelas kecuali ada pertimbangan lain.

  4. kak, kalo mau import kpop album gitu, itu cari di btki nya masuk kategori kaset/ cd/ album ? soalnya liat di cd sama album sih kosong (0 kan ya), tp cari kaset, ada bagian “- – Kotak film, kaset dan cakram optik” dan kena 15%

    jadi itu sebenarnya kpop album gitu masuk ke kategori yang mana yaa ? makasih kak

    Balas
    • Yang paling penting nilai barangnya sih mbak, kalau aturan lama dibawah 50 USD masih gratis dan aturan baru malah naik jadi 100 USD. Tapi lagu dan film itu 2 hal berbeda seingat saya, yang mbak cari kan beda lagi.

  5. Pak, mau tanya saya udah cek di web bea cukai
    saya ada cek BM nya itu 450
    Nah saya bingung itu gak mungkin maksudnya 450% kan?
    Kira kira maksudnya gimana tuh pak?
    Terima kasih ya

    Balas
    • Benar mas, angkanya menunjukkan persen. Walau saya kaget juga ini kok bisa 450%, jenis barang yang dilindungi di Indonesia?

  6. Kalo saya mo beli part sepeda (misalnya: frame) dari Germany, berapa sih besarnya (%) BM, ppn, pph dan ppnBM nya?
    Saya kesulitan melihat tarif (%) dari smua yg di atas.
    Makasih.

    Balas
  7. mas Chandra., saya cek sepatu., kolom taxny kosong gak ditulis 0.,, apakah artiny kolom kosong itu sama dgn 0 persen juga? tq
    terus kalo 0 persen itu kita ga bayar apa2 lagi ya kalo kirim dari usa k jakarta

    thanks

    Balas
  8. Halo mas chandra,
    Numpang tnya nih, sya rncana mau beli sepatu used alias bekas 100 pasang. Mau saya bawa masuk bagasi. Prtnyaan saya klo barang used gini kena bea nggak ya? Harganya saya declare $250 x 2 orang ( sama temen) . Saya kadang bngung juga ngitung beanya, dulu saya kulakan baju baru 4 karung /karungnya d kenain bea 1jt. Tp gtw gmn ngitungnya juga. Mohon infonya

    Balas
  9. Bro mau tanya donk .. kalo aq mau datengin barang berupa sepatu dari US … dengan harga $250 + shipping $12 kena bea cukai brp yah? Thanks

    Balas
  10. Salam mas..
    Saya ada beberapa pertanyaan,mungkin bisa dijawab.
    Saya ada kirim barang dari luar negeri jenis nya alas kaki dengan sol karet, etc.. Saya lihat hs code yang sesuai hanya ada 6 digit dan tidak ada BM. Trus saya baca artikel lain katanya dicari yang delapan angka dan itu masuk ke “lain-lain” yang BM nya 30%. Apa bener begitu mas? Trus saya liat artikel lain dan tanya tanya di Twitter beacukai katanya 7,5%. Jadi bingung.

    2. Kalau di consignment note AWB nya ga di declare angka nya dan ga ada invoice pembelian masalah tidak ya? Soalnya barang saya sudah di beacukai. Takut angka FOB nya jadi bengkak nih.

    Terima kasih mas…

    Balas
  11. Halo mas..
    1. Saya ada gift sepatu, tapi saya liat di hs code ga ada yang sesuai deskripsi karena Indonesia pakai 8 digit. Yang 8 digit itu isinya “lain lain”. Kalau hs code nya yang sesuai deskripsi sepatu hanya 6 digit dan tidak ada BM. Saya liat di artikel lain dan Twitternya beacukai katanya kena 7,5%. Bener ga ya?

    2. Pengirim barang ga nulis estimasi harga di consignment note AWB nya dan ga ada invoice pembelian karena barang bekas dia dikasih ke saya. Kira kira bermasalah ga ya? Soalnya sudah 2 hari nyangkut di beacukai. Takut angkanya dimainin nih..
    Mohon dijawab, terima kasih mas..

    Balas
    • Mestinya ikut HS Code mas, mas cek dimana ya yang Indonesia?

      Setahu saya angka 7.5% ini PPh dengan NPWP, kalau tidak ada jadi 15%. Yang pajak sepatunya tergantung HS code supaya akurat.

      Biasanya akan dicek di Google mas atau percaya kalau itu gift.

  12. Selamat pagi mas Chandra, saya mau tanya…
    Barang dengan HS code is 39232900000, saya cek hasil ny di kolom nya kosong. Itu artinya apa ya terimakasih

    Balas

Tulis komentar...