Cara mengetahui usia nama domain

Mengetahui usia domain merupakan informasi penting yang bisa digunakan untuk menentukan reputasi dari suatu website. Salah satu contoh kasusnya adalah menyelidiki apakah suatu toko online dapat dipercaya atau tidak, karena kita tidak sebaiknya langsung percaya terhadap klaim testimoni pembeli yang ada di situsnya.

Cara mengecek berapa umur nama domain aslinya cukup mudah karena data setiap domain akan selalu tercatat dan bisa diakses umum tidak ada yang dirahasiakan. Kita membutuhkan layanan WHOIS seperti DomainTools untuk mendapatkan informasi umur domain dan tidak hanya itu saja anda bisa mengetahui identitas pemiliknya kalau tidak disembunyikan. Cara menggunakannya cukup masukkan alamat domainnya dan klik Lookup.
domaintools-whois

Pindahkan tab ke bagian Registration dan setelah itu akan muncul data dari domain tersebut, mulai dari kapan pertama didaftarkan sampai kadaluarsanya. Jadi anda bisa menghitung sendiri sudah berapa lama domain tersebut ada dan ini bisa menjadi indikasi usia toko onlinenya.

domainstools-whois-registration

Selanjutnya? Anda bisa mempertimbangkan sendiri kesimpulannya dari informasi yang baru anda dapatkan. Tapi kalau benar ini untuk cek online shop maka biasakan Google nama tokonya sebelum membeli.

Tulis komentar...