Cara mengetahui versi Android

Hal ini ditanyakan teman saya pagi ini disaat berdiskusi mengenai berbagai jenis handset Android. Kita biasa mendengarkan Gingerbread, Froyo, Ice Cream Sandwich, JellyBean, KitKat dan sebagainya tapi ternyata versi yang manakah itu cukup banyak yang bingung. Apalagi teman saya yang masih gaptek belum mengenal secara penuh gadgetnya dan tentu saja versi berapakah sistem operasi Android yang digunakan.

Ini membuat perbincangan kami berhenti mendadak karena kita menggunakan istilah berbeda untuk pembahasan yang sama, saya lebih tahu versinya daripada kode nama dari setiap rilis Android.

Sebenarnya cara cek versi Android di handphone sangatlah mudah, anda tinggal membuka Settings (Pengaturan) kemudian geser ke paling bawah dan akan anda temukan About phone (Tentang ponsel).

android-settings-system

Tepat di bagian About phone anda akan menemukan informasi Android version. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dan tertanam Android 4.2.2 (JellyBean).
android-about-phone

Mengenali versi Android juga berguna bila anda ingin melakukan upgrade dan mengetahui fitur apa yang tersedia. Tergantung pabrikan handphone anda kadang bisa diupdate Android anda ke versi yang lebih baru, khusus untuk ponsel saya sayangnya tidak ada dukungan seperti ini dari Lenovo. 🙁

Tulis komentar...