Cara mengetahui Windows 7 32-bit atau 64-bit

Apakah Windows 7 saya 32-bit atau 64-bit? Hal ini kadang ditanyakan oleh rekan – rekan kerja saya yang memang bukan bergelut di dunia IT, karena mereka saat membeli akan menerima laptop lengkap dengan Windows 7 yang sudah terinstall tanpa perlu repot – repot, walau ini juga yang membuat mereka mengira – ngira jenisnya.

Kalau anda juga bingung apa jenis instalasi Windows 7 yang ada dalam komputer anda maka ada cara mudahnya untuk mengeceknya. Silahkan buka Start Menu dan kemudian cari Computer, klik kanan dan pilih Properties. Anda juga bisa mengaksesnya melalui Control Panel > System.

windows-7-start-computer

Jendela System Information akan muncul, perhatikan pada bagian System maka pada System type akan muncul apa jenis Windowsnya.
windows-7-system
Disini dari netbook saya tertulis 32-bit Operating System, siapa tahu di tempat anda tertulis 64-bit Operating System. Walau dari pengamatan saya sudah banyak yang memakai sistem operasi 64-bit, mungkin karena dukungan RAMnya yang bisa lebih dari 4GB.

Kalau Windows anda 64-bit dan memorinya kurang dari 4GB maka saya sarankan untuk menambahkan kapasitasnya, ini akan meningkatkan performa komputer anda dengan lebih baik.

Tulis komentar...