Cara mengganti font di Windows 7

Baru saja masuk kerja teman saya sudah menanyakan mengenai hal yang tampaknya mudah yaitu bagaimana caranya mengganti font tulisan yang digunakan Windows 7, tapi ternyata membuat saya bingung beberapa menit karena hal ini baru saya sadari sangat jarang dilakukan. Hehe. 😀 Untungnya tidak lama – lama saya kesulitan mensetting font, cuma lokasinya saja agaklah tersembunyi.

Jadi langsung saja anda klik kanan pada layar desktop/wallpaper komputer anda dan pilih menu Personalization. Kalau di panduan lain yang saya baca kebanyakan menginstruksikan lewat Control Panel dan nantinya akan mengakses setting yang sama, dan ini cukup banyak langkahnya dibandingkan dengan yang saya tuliskan.
windows-7-desktop-menu-klik-kanan

Selanjutnya jendela Personalization tampilan Windows 7 akan terbuka, didalamnya anda akan mendapatkan tema aktif, warna, suara, screensaver beserta wallpapernya. Klik di opsi Window Color (karena nama setting yang saya kira tidak sesuai dengan mengganti font-lah yang membuat saya bingung awalnya).windows-7-personalization

Nanti akan tampil jendela Window Color and Appearance, sekilas kalau dilihat kita hanya bisa mengganti warna dari jendela aplikasi Windows saja dan ukuran teksnya.

windows-7-window-color-and-appearance

Ternyata (dan disini saya sempat kesulitan juga) kita harus mengklik elemen dari jendela aplikasi yang ditampilkan, ini bisa dipisahkan lagi menjadi judul program dan teks pada isi aplikasi. Kalau sudah yakin klik saja Apply dan OK maka font yang anda pilih akan digunakan secara default. Mudah bukan? 🙂

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Cara mengganti font di Windows 7”

Tulis komentar...