Cara mengganti Lock screen Android

Lock screen di handphone adalah titik pertahanan pertama untuk mencegah akses orang lain terhadap privasi anda. Secara default di kebanyakan perangkat Android sistem keamanan layarnya adalah bertipe Slide atau cuma perlu digeser saja maka sudah aktif dan bisa langsung digunakan semuanya tanpa ada batasan. Cukup berbahaya bukan kalau caranya mudah seperti itu?

Karena itulah sebaiknya kita ganti apa lock screen yang sedang aktif digunakan menjadi yang lebih rumit tapi juga lebih aman. Bagaimana caranya? Silahkan bukan Settings (Pengaturan/Setelan) kemudian cari bagian Personal didalamnya anda akan menemukan langsung opsi Lock screen.

android-settings-personal

Ini berdasarkan ASUS Zenfone 5 dengan Android 4.4.2 Kitkat. Misal anda tidak temukan maka buka Security (Keamanan) dan opsi yang sama akan berada di dalamnya, ini saya cek di Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean. Jadi memang mungkin ada sedikit perbedaan dimana lokasinya.

Nah… jendela setting Lock screen akan muncul, selanjutnya tap saja pada Screen lock (dibawah nama konfigurasi ini akan muncul jenis screen lock yang sedang aktif) untuk mengubah sistem gembok layarnya.
android-lock-screen-settings

Opsi – opsi keamanan layar Android yang biasanya ada adalah: None atau tidak digunakan sama sekali, Slide atau geser, Pattern atau pola (yang menyambungkan garis – garis ke beberapa titik di layar), PIN atau angka, dan Password atau kata sandi.
android-choose-screen-lock

Terserah anda menggunakan yang mana tapi jangan sampai lupa cara masuknya. Di beberapa handphone Android bahkan kadang ada cara membuka perlindungan layar dengan cara unik seperti menggunakan suara (Voice Unlock), nanti dengan perintah dari suara anda baru bisa terbuka jadi tidak bisa orang lain menggunakannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Cara mengganti Lock screen Android”

Tulis komentar...