Cara mengganti lokasi folder download Google Chrome

Secara default Google Chrome menyimpan hasil downloadnya pada folder di user account Windows yang digunakan, dan biasa terletak pada drive C yang merupakan lokasi instalasi sistem juga. Kalau anda gemar mendownload niscaya akan cepat penuh dan maka dibiarkan bisa berakibat buruk terhadap performa komputer, karena itulah ada baiknya dipindahkan lokasi penyimpanannya dan sekaligus merapikan tata letak file dan folder hasil unduhan anda.

Cara mengganti folder download di Google Chrome cukuplah mudah, klik saja tombol menu di sebelah kanan atas (icon tiga baris horisontal) dan kemudian pilih Settings.

google-chrome-menu

Anda juga bisa mengakses halaman settings Chrome dengan mengetikkan alamat chrome://settings. Selanjutnya pada pengaturan Google Chrome klik pada “Show advanced settings…”
google-chrome-settings

Geser halaman dan cari bagian Download, akan tampil opsi Download location dan klik Change untuk mengubah lokasi default dari proses download di Google Chrome.
google-chrome-advanced-settings-downloads
Selesai! Saya sarankan anda ganti folder downloadnya pada drive yang khusus berisi data sehingga akan lebih mudah dalam mencari file – filenya kalau sudah tertata rapi.

2 pemikiran pada “Cara mengganti lokasi folder download Google Chrome”

Tulis komentar...