Cara mengganti mata uang ke Rupiah di WooCommerce

Membuat online shop secara mandiri sekarang cukuplah mudah, cukup menginstall WordPress dan tambahkan dengan plugin WooCommerce maka fondasinya sudahlah siap. Tapi sebelum anda jauh – jauh mengotak – atik setting WooCommerce tentu sebaiknya diadaptasikan sesuai dengan mata uang Indonesia yaitu Rupiah (IDR), karena defaultnya adalah Dollar Amerika (USD) dan ini bisa membingungkan calon pembeli.

Kalau sudah menggunakan mata uang asli negara kita kan jadi lebih mudah si calon pembeli memahami betapa murahnya harga yang kita tawarkan.

woocommerce-price-in-rupiah

Bagaimana cara mengganti mata uang yang digunakan oleh WooCommerce? Tinggal akses dashboard adminitrasi WordPress (berlokasi di alamat-situs-anda.com/wp-admin/) kemudian login menggunakan akun admin anda. Buka menu WooCommerce dan pilih Pengaturan (Settings).
wordpress-woocommerce-menu

Pada tab General (Umum) geser agak kebawah dan anda akan menemukan? Pengaturan Mata Uang (Currency Options). SIlahkan pilih mata uang yang anda butuhkan, dalam hal ini adalah Indonesia Rupiah (Rp.).
woocommerce-currency-options

Opsi lain yang berhubungan:

  • Posisi Mata Uang menentukan dimana letak simbolnya, secara default di kiri angka (Rp.100.000).
  • Pemisah Ribuan untuk mengatur simbol apa yang digunakan dalam memisahkan nominal angka yang ditampilkan.
  • Sedangkan Pemisah Desimal sama dengan fungsi pemisah ribuan tapi untuk menampilkan pecahan atau angka dibelakang koma istilahnnya.
  • Jumlah Angka Desimal menentukan berapa angka di belakang koma yang akan dimunculkan.

Sisanya tinggal anda tambahkan katalog barang, harga dan spesifikasinya, mungkin metode pembayaran dan pengiriman paket juga bisa disertakan. Toko anda sudah siap melayani pelanggan dari seluruh penjuru tanah air. 🙂

Satu pemikiran pada “Cara mengganti mata uang ke Rupiah di WooCommerce”

Tulis komentar...