Cara menggunakan TeamViewer

Pasti kita pernah ingin mengendalikan komputer yang berjarak jauh, anda ingin mengaksesnya tapi tidak dalam lokasi yang berdekatan. Atau anda ingin membantu teman anda dalam memperbaiki komputernya yang juga posisinya tidak mudah dijangkau. Jangan pusing dahulu, ada solusinya asalkan komputer tujuan dan yang anda pakai sekarang ini terhubung ke internet. TeamViewer adalah jawabannya.

Apa itu TeamViewer? TeamViewer adalah aplikasi untuk melakukan remote control komputer secara online, asalkan ada akses internet di kedua belah pihak dan telah menginstall softwarenya maka anda sudah siap.

Cara menggunakan TeamViewer untuk mengendalikan PC dari jarak jauh cukup mudah, download dulu program TeamViewer (ada versi untuk Windows, Mac, Linux, iOS, Android, Windows Phone, dan Windows RT) dan lakukan instalasi. Nanti akan muncul Your ID yang berisi nomor identifikasi dari komputer tersebut dan password yang diperlukan untuk mengaksesnya. Oh ya, passwordnya akan berubah setiap aplikasi ini dijalankan, ini meningkatkan keamanan dari komputer yang ada TeamViewernya.

teamviewer

Kalau anda ingin masuk ke komputer orang lain yang telah terinstall TeamViewer maka mintalah apa ID dan password yang tertera di aplikasinya. Setelah itu masukkan IDnya pada kota Partner ID dan klik Connect to Partner.

Nanti akan muncul jendela dialog TeamViewer Authentication yang meminta password, isikan dan klik Log On.

teamviewer-authentication

Tunggu proses koneksi ke komputer tujuan sesaat, ini tergantung kecepatan dan kestabilan koneksi internet anda dan tujuan. Layar desktop komputer yang diremote akan muncul setelah terhubung, anda bisa mengendalikannya seakan – akan anda berada disana secara langsung.

teamviewer-remote-session

Selain anda bisa menggunakan PC target seperti biasa, anda juga bisa melakukan transfer file, membuat screenshot, merekam video, merestart komputer, dan masih banyak lagi. Ya… kalau anda mau anda bisa memata – matai komputer tersebut asalkan yang diremote tidak sadar soalnya ada notifikasinya kalau ada orang yang terhubung.

Saya sendiri menggunakannya untuk membantu teman saya yang mengalami masalah pada komputernya, dan dengan adanya versi untuk Android bisa dengan mudah mengakses kapan saja dan dimana saja.

2 pemikiran pada “Cara menggunakan TeamViewer”

  1. Kalau memata-matai kayanya susah soalnya pasti usernya nyadar, selain ada notif biasanya gerakan mouse jadi agak lambat 🙂 . kalau sy dulu dikantor biar ga maen remote aja sama admin sy matiin auto run nya 🙂 jadi kalau mau remot dia harus kasih tau dulu & sy aktifin sendiri

    Balas
    • Hahaha 😀 Iya mbak, memang ada notifikasinya kalau ada orang yang sedang tersambung lewat TeamViewer. Tapi dari pengalaman banyak yang mengabaikan atau tidak tahu lho… 😛

      Iya, di laptop saya juga saya matikan proses startupnya biar tidak ada orang asal konek, password yang kuat juga membantu. 😉

Tulis komentar...