Cara menghapus History di Mozilla Firefox

History atau Riwayat browsing di Mozilla Firefox berfungsi untuk menyimpan daftar situs yang pernah dikunjungi, daftar file yang pernah didownload, Cookies, Cache, dan lain sebagainya. Memang fungsi ini cukup penting apabila kita ingin mengakses website yang pernah dibuka secara cepat, tapi kadang ini bisa membongkar privasi anda terhadap akses ke situs – situs yang seharusnya dirahasiakan dari orang lain

Karena itulah anda sebaiknya sudah terbiasa menggunakan Private (Incognito) mode untuk mencegah kebiasaan browsing anda tercatat, dan setelah dipakai maka tidak ada jejak yang tersisa. Jadi kalau ada beberapa situs yang beresiko akan lebih baik menggunakan mode Private Window di Firefox – silahkan tekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+P.

Kembali ke fokus pembicaraan kita, bagaimana kalau sudah banyak sekali data mengenai kebiasaan browsing kita tersimpan di Firefox? Maka kalau tidak ingin diketahui mana saja situs yang sering dikunjungi sebaiknya dihapus sampai bersih saja. Saya tidak akan berbelit menerangkan caranya, silahkan tekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+DEL dan akan muncul jendela Clear All History.
mozilla-firefox-clear-all-history

Cara alternatif yang lebih banyak langkahnya adalah dengan membuka History dan baru memilih Clear Recent History… untuk membuka jendela yang sama.

Opsi Time range to clear menentukan berapa lama jarak waktu history yang akan dibersihkan. Ada beberapa pilihannya: Last Hours (satu jam terakhir), Two Hours (dua jam lalu), Four Hours (empat jam lalu), Today (hari ini), dan Everything (semuanya).

Kemudian anda akan memilih apa saja dari history yang akan dihapus:

  • Browsing & Download History (Riwayat browsing dan download).
  • Form & Search History (Riwayat pengisian formulir dan pencarian).
  • Cookies (Kuki).
  • Cache.
  • Active Logins (Login akun situs aktif).
  • Offline Website Data (data offline simpanan dari website).
  • Site Preferences (Preferensi website).

Silahkan anda beri centang atau hilangkan pada opsi – opsi diatas untuk menentukan yang mana akan dihapus dan yang mana akan dibiarkan. Jika sudah maka klik tombol Clear Now. Selesai! Riwayat browsing anda akan hilang sesuai dengan keinginan.

Tulis komentar...