Cara menghidupkan dan mematikan fitur Windows 7

Windows 7 memiliki banyak fungsi dan fitur yang belum tentu semuanya berguna bagi anda, ini selain tidaklah optimal malah akan memberatkan performanya. Karena itulah ada baiknya kalau kita pilih mana saja fitur Windows yang aktif, dan kalau tidak diperlukan sebaiknya dimatikan saja. Jangan khawatir semuanya bisa dikembalikan seperti semula settingnya, jadi kecil kemungkinan terjadi kerusakan karena pengaturan Windows asalkan anda berhati – hati.

Langkah awalnya buka Control Panel Windows, ini bisa dari Start Menu kalau anda bingung lokasinya.
windows-7-start-control-panel

Setelah itu cari Programs and Features, biasanya terletak di bagian bawah.
windows-7-control-panel-program-features
Perhatikan di menu sebelah kiri dari Programs and Features akan ada pilihan “Turn Windows features on or off”, klik link tersebut.
windows-7-program-features

Jendela program Windows Features akan muncul, untuk mengaktifkan suatu fitur beri saja centang di sebelah namanya, sebaliknya kalau ingin dimatikan maka hilangkan centang atau simbol kotak di sebelah namanya. Kalau yang tampil adalah kotak bukan centang maka tidak semua fitur dari nama yang terpilih diaktifkan, hanya beberapa atau satu fungsi di dalamnya yang hidup. Klik OK untuk menerapkan perubahan konfigurasi Windows dan setelah itu restart komputer anda.
windows-7-windows-features-telnet-client
Dalam contoh diatas saya menghidupkan fungsi Telnet di Windows 7.

Sedikit peringatan saja, cari dan baca penjelasan dari setiap fitur yang ingin anda hidupkan atau matikan, jangan sampai terjadi kesalahan dan nantinya mengakibatkan gangguan pada kinerja Windows 7.

Tulis komentar...