Cara menghidupkan Stereo Mix di Windows 7

Ingin merekam suara yang ada di komputer membuat saya mencari softwarenya, dan ternyata Windows 7 sudah memiliki fitur untuk itu cuma defaultnya dalam keadaan mati saja jadi perlu dihidupkan secara manual. Jadi kalau anda ingin Windows 7 mendengarkan apa audio yang sedang keluar di komputer maka bisa menghidupkan Stereo Mix.

Cara mengaktifkan Stereo Mix sungguhlah mudah, saya sendiri heran kok tidak sadar. Haha… Jadi klik kanan pada icon speaker di system tray dan pilih Recording devices.

windows-7-speaker-context-menu

Setelah itu pada jendela Sound di tab Recording lakukan klik kanan dan pilih opsi Show Disabled Devices.

windows-7-sound-recording-context-menu

Aktifkan Stereo Mix dengan klik kanan pada namanya dan pilih Enable.

windows-7-sound-recording-stereo-mix

Selanjutnya ubah default (ditandai dengan icon centang berwarna hijau) pendengar suara dari Microphone menjadi Stereo Mix dengan tombol Set Default.

Selesai! Sekarang Windows 7 akan mengalihkan fungsi mendengarkan bunyi audio dari mic ke audio yang diputar di komputer anda. Untuk merekamnya anda masih memerlukan software yang memiliki fitur audio recording seperti Audacity.

Jika Stereo Mix tidak muncul setelah mengikuti langkah – langkah diatas kemungkinan driver soundcard anda perlu diupdate atau sebaliknya didowngrade ke versi sebelumnya, selain itu bisa jadi soundcard anda tidak mendukung perekaman audio dari suara komputer.

19 pemikiran pada “Cara menghidupkan Stereo Mix di Windows 7”

    • Hao, Conexant Audio itu drivernya mas dan Stereo Mix ini fitur di Windows jadi pakai chip audio apapun tidaklah ada masalah karena bisa dimanfaatkan langsung.

    • Halo Syaiful, driver audio/soundcardnya sudah diinstall mas? Kalau tidak muncul biasanya karena belum ada drivernya.

    • Halo Faizal, setelah saya cari tahu memang pada beberapa audiocard dinonaktifkan fitur StereoMix ini mas. Didesak dari organisasi penyiaran dan musik Amerika. Mencegah pembajakan katanya. Tapi fitur ini dimatikan lewat driver dan ada yang bisa diaktifkan ulang dengan mengedit file .inf-nya.

  1. punya saya kok gak mau muncul ya?

    Setelah itu pada jendela Sound di tab Recording lakukan klik kanan dan pilih opsi Show Disabled Devices. >>> emang deafultnya sama cuma ada micropon aja.

    tapi pas kilik kanan show disabled devices kok gak mau muncul ya?

    Balas
    • Halo Soleh, maaf sangat telat membalasnya. Terlewat. Bisa jadi dinonaktifkan pada driver audionya mas. Kadang kita perlu edit file .inf dari drivernya baru bisa.

  2. tolong gan kenapa di laptop ku “asus K43C” Win 7 32 bit gk ada stereo mix nya sudah saya cari dan sudah saya centang “show disable device” tetap tidak ada stereo mix nya cuma ada Microphone saja. Sound RT HD. Saya coba berbagai Software pendukung ttp gk bisa

    Mohon solusinya Agan2

    Balas
  3. gan kenapa laptop axioo pico saya tidak ada stereo mixnya. pas di cari dan sudah lakuin langkah2 di atas juga gak ada…gimana gan?? tolong gan beritahu ya???

    Balas
  4. gan mau nanya nih, knapa kalo stereo mix saya desable, justru nuendo tidak merekam input dari mic..? padahal record istrument untuk band harus satu persatu, kalo stereo mix saya enable, sound pada track pertama akan ikut terekam di track ke dua… mohon solusi gan..

    Balas
    • Halo Anja, wah… rasanya ini sudah diluar kemampuan saya mas. 🙁 Belum pernah pakai Nuendo soalnya. Ini di Windows apa ya? Tetap 7? Sudah update driver audionya?

    • 1. Ini pakai Windows apa mas?
      2. Sudah update driver audionya?
      3. Nyetel musiknya pakai audio player apa?
      4. Gamenya apa?
      5. Pakai ingame voice chat atau pakai aplikasi semacam Discord atau Teamspeak mas?

Tulis komentar...