Cara menghitung cicilan kredit BAF

BAF (Bussan Auto Finance) merupakan partner resmi Yamaha dalam kredit sepeda motornya selain Adira Finance, dan tampaknya merupakan pilihan utama saat ingin membeli di Yamaha. Kalau anda masih mempertimbangkan ingin menggunakan jasa finance (perkreditan) yang mana ada baiknya anda mempelajari berapa kemampuan anda dalam membayar cicilan per bulan dan menghitung biayanya sendiri terlebih dahulu.

Untungnya anda dapat menghitung cicilan kredit BAF dengan mudah menggunakan kalkulator yang disediakan di situs resmi mereka. Tepatnya pada halaman Simulasi Kredit.

Ada 2 tipe kredit yang bisa anda dapatkan, tergantung anda ingin membayar berapa per bulan atau anda ingin membayar uang muka berapa pada awalnya. Seluruh harga sepeda motor berdasarkan wilayah Jakarta dan sekitarnya, promo yang ada juga tidak diperhitungkan. Bunga kredit BAF juga sudah tentu dimasukkan dalam rumus perhitungannya, sayang tidak dituliskan berapa persen bunga yang digunakan tapi dari hasilnya bisa diperkirakan sendiri.

Berdasarkan DP (Down Payment)

Jenis angsuran berdasarkan DP ini dimaksudkan untuk anda yang memiliki budget terbatas setiap bulan, jadi kalau anda hanya bisa menyisihkan jumlah tertentu uang anda per bulan maka jenis ini yang cocok bagi anda. Misal disini kita ingin membeli dan memilih tipe kendaraan Yamaha Mio GT dengan harga OTR (On The Road) yang akan otomatis diisi sebesar Rp. 13.750.000,-.
baf-simulasi-kredit-dp
Isikan berapa cicilan kredit yang ingin anda bayar per bulan (saya mengisikan 800.000 Rupiah) di angsuran, dan berapa bulan cicilannya pada tenor (saya memilih 21 bulan). Dan uang muka yang harus saya bayarkan adalah sebesar Rp. 2.639.434,-.

Berdasarkan Angsuran

Berbeda bila anda ingin menyicil motor berdasarkan jumlah angsurannya. Jadi kita akan menentukan berapa cicilan yang harus anda bayar berdasarkan uang mukanya, bisa dikatakan ini sebaliknya dari sistem berdasarkan DP diatas. Misalkan saya memilih tipe kendaraan Yamaha Mio Soul GT & Street, harga OTRnya akan otomatis diisi Rp. 14.750.000.

baf-simulasi-kredit-angsuran

Masukkan berapa uang muka yang ingin anda bayarkan diawal (saya berniat membayar Rp. 5000.000) dan tentukan berapa lama anda ingin mengangsurnya pada tenor (Saya mengisikan 11 bulan). Maka berapa cicilan yang harus anda bayar adalah Rp. 1.160.280 dan akan muncul pada bagian angsuran.

Mudah bukan? Tapi harap anda ingat bahwa hasil perhitungan simulasi kredit BAF ini bertujuan memberikan informasi saja dan tidak mengikat, kondisi saat anda mengajukan kredit kemungkinan ada perbedaan dengan simulasi diatas. Jadi pergunakan saja perhitungan kredit dan cicilan ini sebagai pertimbangan awal.

Tulis komentar...