Cara menghitung cicilan kredit mobil BCA

Membeli mobil memang biasanya menggunakan jasa financing (pembiayaan) yang berpartner dengan dealernya, tapi bila anda mau bisa juga memanfaatkan layanan kredit mobil dari BCA (Bank Central Asia). Kalau anda lebih suka mengatur keuangan anda dari satu tempat dengan menggunakan rekening BCA anda maka memakai jasa pembiayaan kredit mereka bisa menjadi pilihan yang sesuai.

Tentu ada baiknya kita memghitung dahulu berapa nanti beban cicilan kredit BCA kalau kita sedang mempertimbangkannya. Untungnya BCA memudahkan kita yang bingung ini dengan memberikan fitur simulasi kredit mobil secara online.

Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor BCA

Anda sudah sepakat harga penjualan mobilnya, sekarang tinggal menghitung berapa beban anda nanti dengan menggunakan kredit BCA.

bca-simulasi-kredit-kendaraan-bermotor

Pada bagian Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor anda perlu mengisikan:

  • Harga Mobil OTR (On The Road).
  • Uang Muka atau DP (Down Payment) minimal 30% dari harga mobil.
  • Jangka Waktu pinjaman.
  • Wilayah tempat tinggal anda berdasarkan KTP.
  • Jenis pekerjaan anda. Apakah karyawan, pengusaha atau profesional.
  • Usia anda saat memohon pinjaman.
  • Apakah anda nasabah BCA atau bukan.
  • Suku bunga per tahun akan otomatis berganti berdasarkan berapa lama anda ingin melunasi angsurannya. Semakin lama akan semakin tinggi bunga cicilan kreditnya.

Kalau sudah yakin klik saja Hitung, maka tepat di sebelah kanannya akan muncul tabel Hasil simulasi. Yang pertama adalah mengenai rincian kredit dari data yang anda masukkan, anda bisa melihat berapa sebenarnya nilai hutang anda ke BCA dan cicilan yang anda harus bayar setiap bulannya.

bca-hasil-simulasi-kredit-kendaraan-bermotor

Tepat dibawahnya adalah tabel yang menginformasikan berapa pembayaran pertama, ini biasanya adalah uang muka dijumlah angsuran per bulan, ditambahkan asuransi all risk, dan biaya administrasi.

Simulasi Budget Kredit Kendaraan Bermotor BCA

Bagaimana kalau sebaliknya? Anda cuma bisa menyisihkan uang gaji anda (mungkin juga gabungan suami atau istri) per bulan dalam jumlah tertentu. Singkatnya budget anda terbatas. Berapa pinjaman yang bisa anda dapatkan dari BCA? Anda bisa memperhitungkannya dengan menggunakan Simulasi Budget Kredit Mobil.

bca-simulasi-budget-kredit-kendaraan-bermotor

Yang perlu anda isikan:

  • Berapa uang muka yang anda mampu bayar.
  • Sanggup membayar berapa angsurannya per bulan.
  • Fokus di biaya cicilan atau uang muka. Jadi nanti akan diatur otomatis sesuai prioritas anda.
  • Jangka waktu pinjaman.
  • Kalau sudah langsung saja klik Hitung.

Tepat di sebelah kanan akan muncul tabel hasil simulasi kredit yang sesuai dengan kemampuan anda. Harap dipertimbangkan lagi karena suku bunganya lebih tinggi daripada yang normalnya untuk jangka waktu yang sama – bisa mencapai hampir 2 kali lipat dari pengamatan saya sekilas.

bca-hasil-simulasi-budget-kredit-kendaraan-bermotor

Selesai! Walau membaca sekilas tampaknya rumit untuk mendapatkan mobil idaman anda, tapi cukup mudah kok ternyata saat dijalankan. Oh ya, walau disebut ada asuransi sayangnya tidak disebutkan menggunakan perusahaan asuransi mana. Hal ini cukup penting ditanyakan karena dari pengalaman buruk teman saya di Malang saat ingin klaim ternyata kantor terdekatnya ada di Surabaya.

Tulis komentar...