Cara menghitung cicilan kredit rumah BCA

Membeli atau memperbaiki rumah merupakan keputusan besar dan juga berpengaruh pada beban biaya hidup kalau tidak diatur dengan tepat. Karena harga rumah beserta tanah pasti naik dari waktu ke waktu maka mengajukan kredit pembiayaan untuk pembelian rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa menjadi pertimbangan terbaik.

Kalau anda sedang serius ingin berkomitmen dalam menyicil rumah maka anda bisa menggunakan jasa KPR yang banyak disediakan oleh bank – bank di Indonesia. Tapi kali ini saya akan fokus pada BCA (Bank Central Asia) untuk menghitung cicilan kredit rumah anda, dan kita tidak perlu tahu rumus atau melakukan kalkulasi sendiri karena BCA sudah menyediakan fitur otomatisnya.

Bagaimana caranya? Anda tinggal mengunjungi halaman  Simulasi Kredit Pemilikan dan Perbaikan Rumah BCA, dan anda bisa segera mengisikan data – data yang diminta untuk mendapatkan berapa biaya yang anda harus bayarkan setiap bulannya selama masa pinjaman, dan berapa persen bunga kredit yang akan ditanggung.
bca-simulasi-pinjaman-kpr
Anda bisa memilih dana pinjaman akan dibuat membeli rumah baru atau renovasi (perbaikan) rumah yang ada. Setelah itu isikan luas tanah dan bangunan dalam meter persegi. Berapa harga rumah dan uang muka yang anda bayarkan (minimal 30% dari harga rumah). Sisanya adalah data pribadi anda dan pekerjaan sekarang, lokasi anda dan rumahnya, suku bunga akan mengikuti berapa jangka waktu pinjaman yang anda inginkan.

Kalau sudah klik saja tombol Hitung! dan akan muncul tabel lengkap hasil perhitungannya tepat disebelah kanan, sudah termasuk berapa cicilan pertama, cicilan perbulan setelahnya, asuransi jiwa dan kebakaran, biaya administrasi dan tambahan lainnya.

Berikut adalah contoh hasil simulasi diatas:

Hasil Simulasi
Rincian Kredit
Harga Rumah (Rp)470.000.000
Uang Muka (Rp)150.000.000
Pokok Hutang/Plafon Kredit (Rp)320.000.000
Suku Bunga Efektif (%)
(per tahun)
12,00
Jangka Waktu (bulan)72
Cicilan tiap bulannya (Rp)6.256.061,6
Detail Pembayaran Pertama
Uang Muka (Rp)150.000.000
Biaya Notaris

PK (Rp)
APHT (Rp)
AJB & Balik Nama (Rp)
Cek Sertifikat (Rp)
Biaya Asuransi

Asuransi Jiwa (Rp)1.241.200
Asuransi Kebakaran (Rp)949.960
Provisi (Rp)3.200.000
Administrasi (Rp)400.000
Biaya Appraisal (Rp)0
Total

Harap anda ingat ini hanyalah simulasi kredit dan hasil perhitungan sifatnya tidak mengikat, berapa di kenyataannya bisa berbeda tapi hasil simulasinya bisa menjadi dasar perkiraan anda nantinya kalau menggunakan KPR milik BCA.

Tulis komentar...