Cara mengubah asosiasi file di Windows 7

Asosiasi file adalah cara Windows 7 menentukan dengan program apa file dengan ekstensi tertentu dibuka dengan program yang telah dipilih sebelumnya. Sayangnya cukup sering program yang baru saja diinstall mengambil alih asosiasi file yang sudah ada dan biasanya anda lebih menyukai aplikasi sebelumnya untuk membuka file tersebut. Biasanya audio dan video player yang cukup agresif dalam hal ini.

Jika pada software tersebut tidak ada setting untuk mereset asosiasi filenya maka kadang anda terpaksa menggunakan program sebelumnya untuk menjalankan file secara manual, atau memakai menu Open with… yang malah menjadi repot kalau ingin membuka file tertentu. Oh ya, ini bukan cara untuk memperbaiki asosiasi file yang rusak seperti yang biasa terjadi pada ekstensi file *.exe karena salah setting.

Karena itulah kita sebaiknya mengkonfigurasikan asosiasinya secara manual, jadi sekarang buka saja Start Menu dan pilih Default Programs. Anda bisa mengakses Default Programs dari Control Panel juga.

windows-7-start-menu

Kemudian pilih “Associate a file type or protocol with a program”.

windows-7-default-programs

Windows akan mengenali ekstensi file apa saja yang bisa dibuka dengan software yang terinstall, silahkan tunggu sesaat. Kalau sudah selesai proses deteksinya maka akan muncul jendela Set Associations yang berisi daftar seluruh ekstensi atau format file yang bisa dibuka.

windows-7-set-associations

Untuk mengubah software default apa yang dipakai untuk membukanya maka pilih nama ekstensinya dan klik “Change program…”.

Jendela Open with akan terbuka dan anda tinggal menentukan program apa yang digunakan untuk format file yang anda pilih tadi.

windows-7-open-with

Bila program yang anda inginkan tidak muncul tapi yakin terinstall maka klik saja “Browse…” dan cari saja program tersebut secara manual. Kalau sudah langsung saja terapkan perubahan konfigurasinya dengan menekan tombol OK. Selesai!

Satu pemikiran pada “Cara mengubah asosiasi file di Windows 7”

Tulis komentar...