Cara mengubah Domain Name Server di Namecheap

Membeli domain merupakan langkah awal dalam membuat jejak anda di internet, setelahnya anda harus memiliki hosting untuk membuat website. Memang disarankan anda membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda untuk mengurangi resiko.

Namecheap merupakan salah satu penjual domain yang rutin membuat promosi dan obral harga, sehingga anda cukup mudah mendapatkan alamat domain dengan harga murah. Bila anda telah membeli domain di Namecheap, apa yang selanjutnya harus dilakukan? Tentu mengarahkan domain anda ke Name Server web hosting anda supaya bisa menggunakan alamat tersebut dengan hosting yang dibeli.

namecheap-domain-search

Nah.. pasti dari tempat anda membeli hosting diberi Nameserver yang harus digunakan supaya domain yang anda beli di Namecheap bisa terhubung dengan web hosting anda bukan? Contoh name server hosting seperti : ns1.hosting-tujuan-anda.com dan ns2.hosting-tujuan-anda.com, sekarang dimana cara setting name server di domain Namecheap?

Tentu saja anda login dulu ke akun Namecheap anda.

namecheap-login

Pada halaman utama akun Namecheap, klik View pada sebelah kanan “Number of domains in your account”.

namecheap-account-information

Lihat pada daftar domain name anda, dan klik pada alamat domain yang ingin ada setting name servernya.

namecheap-domain-list

Pada menu pilihan di sebelah kiri pilih Domain Name Server Setup.

namecheap-modify-domain

Perhatikan bagian “CHANGE EXISTING DOMAIN NAME SERVER INFORMATION”. Aktifkan opsi “Specify Custom DNS Servers ( Your own DNS Servers )” dan isikan dengan alamat Domain Name Server (DNS) yang diberikan web hoster anda.

namecheap-modify-domain-name-server-setup

Klik Save Changes untuk menyimpan penggantian Domain Name Server yang telah dilakukan. Kemudian akan muncul pesan bahwa Domain Name Server telah berhasil diupdate ke yang baru.

namecheap-nameservers-updated-succesfully

Sekarang yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu sampai DNS hosting anda yang baru telah menyebar (propagasi) ke seluruh penjuru dunia, ini bisa memakan waktu beberapa menit sampai hitungan jam tergantung seberapa cepat Domain Name Server lainnya mengupdate informasinya.

7 pemikiran pada “Cara mengubah Domain Name Server di Namecheap”

    • Selamat malam Rizqi, untuk mengganti DNS Server di Namecheap cuma membutuhkan adanya nama domain aktif di akun anda saja. Hosting tidak diperlukan, saya sendiri tidak pernah mencoba hosting dari Namecheap sampai sekarang.

    • Dan harga domainnya sudah tidak bisa dikatakan murah lagi, kecuali ada promo. Saya sekarang sudah beralih ke NameSilo karena lebih hemat dan ga perlu kode kupon untuk mendapatkannya.

Tulis komentar...