Cara mengubah resolusi kamera Android

Bagi anda yang suka mengabadikan momen atau sekedar membuat selfie maka kualitas hasil fotonya akan menjadi prioritas, jangan sampai efeknya berkurang karena fotonya buram. Atau malah sebaliknya, foto yang anda ambil malah terlalu detail dan ukurannya besar – besar, ini membuat SD card anda cepat penuh.

Apapun alasannya kadang memang perlu kita mengatur ulang seberapa detail kualitas gambar hasil pemotretan, dan ini berhubungan langsung dengan besarnya resolusi gambar dalam Mega Pixel yang diambil oleh kamera di handphone Android anda.

Cara mengubahnya cukup mudah kok, buka saja Camera dan tap pada settings (icon berbentuk gear). Nanti akan muncul jendela konfigurasi kamera, ubah ke tab kamera (icon kamera) dan tap pada Picture Size. Catatan saja, disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean) kalau ada perbedaan dengan versi lainnya silahkan diadaptasikan.
android-camera-picture-size
Seluruh resolusi kamera yang didukung perangkat Android anda dalam satuan MP (Mega Pixel) akan ditampilkan dan kalau ada bisa jadi resolusi VGA akan tersedia, silahkan tap pada resolusi yang anda inginkan.

Selesai! Maka Android akan menggunakan resolusi kamera dengan kualitas yang anda tentukan. Kalau ternyata pada Picture Size di kamera Android tidak ada opsi lain maka anda perlu mengubah setting lainnya lagi.

Tulis komentar...