Cara mengubah ukuran icon desktop Windows 7

Icon dari lokasi atau program pada layar dekstop Windows 7 merupakan cara cepat menggunakan suatu fitur tertentu di Windows, dan biasa disebut dengan shortcut. Kalau sudah terlalu banyak icon di layar dan ingin memasang lebih banyak lagi dengan mengecilkan besarnya, atau malah menurut anda ukurannya terlalu kecil maka ingin membesarkannya – solusinya ternyata cukup cepat dan mudah.

Saya akan memberitahukan 2 cara yang sangat paling mudah untuk melakukannya. Jadi anda tidak perlu bertanya – tanya dimana letak settingnya.

Menggunakan context menu

Seringkali kita terlewat bahwa sebenarnya setting ukuran icon bisa diakses dengan cepat tanpa perlu mengutak – atik setting yang aneh – aneh dan lokasi yang susah dicapai. Ternyata anda cukup melakukan klik kanan pada wallpaper Windows, pilih View dan silahkan tentukan salah satu dari opsi yang disediakan: Large icons, Medium icons, dan Small icons.
windows-7-desktop-view-icon-sizes

Menggunakan mouse-wheel

Masih kurang cepat dan mudah? Maka anda bisa menggunakan solusi berikut yaitu dengan memilih salah satu icon di desktop terserah yang manapun juga boleh.

windows-7-desktop-selected-icon

Setelah itu tekan dan tahan tombol CTRL kemudian geser mouse-wheel, kalau anda bingung yang mana roda mouse ini adalah tombol yang berada di tengah – tengah mouse berbentuk roda. Cara menggunakannya ya ditekan sebagai tombol ketiga atau diputar keatas atau kebawah. Disini konsepnya sama, silahkan putarkan arahnya keatas untuk meningkatkan ukuran icon, atau sebaliknya putar ke bawah untuk menurunkan besarnya icon.

Selesai!, cukup mudah bukan caranya? Sebenarnya masih ada metode lain seperti melalui Personalization tapi terlalu ribet dibanding menggunakan kedua cara cepat ini.

Tulis komentar...