Cara mengubah zona waktu Windows

Membetulkan jam di Windows merupakan langkah yang wajib dilakukan, selain anda harus memastikan waktu yang ditampilkan sudah benar sesuai dengan saat ini, juga cek apakah zona waktunya berada di Indonesia dan tidak nyasar ke negara lain. Walaupun efek buruknya tidak akan langsung terasa tapi kalau ada masalah kadang setting time zone ini terlupakan, padahal bisa menjadi penyebab kerusakan.

Setidaknya saya sudah merasakan bahwa kalau zona waktunya salah dan lokasi kita berlainan dengan yang ditentukan kadang akan muncul SSL error di browser, terutama pada web yang menerapkan koneksi yang diamankan (HTTPS). Pada waktu itu saya kebingungan karena trik – trik memperbaiki error ini yang biasa saya lakukan tidak berhasil seperti biasanya, dan akhirnya secara tidak sengaja ketahuan kalau time zonenya berbeda.

Disini saya akan menunjukkan cara mengganti zona waktu di Windows 7, untuk jenis Windows lain (Windows XP, Windows Vista, Windows 8) akan ada perbedaan kecil tapi akan mudah diadaptasikan. Cara mengganti time zone Windows 7 sangatlah mudah, klik saja pada jam yang muncul di system tray.
windows-7-system-tray-time

Akan muncul jam beserta kalender Windows, kemudian klik pada “Change date and time settings…”.
windows-7-date-time

Pada bagian Time Zone klik di “Change Time Zone…”.
windows-7-time-zone-settings

Ganti isinya menjadi zona waktu yang tepat atau sesuai dengan lokasi anda sekarang.

Bila anda berada dalam zona WIB (Waktu Indonesia bagian Barat) maka pilih UTC+7, atau pilih kota Bangkok, Hanoi, Jakarta. Sedangkan WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah) berada di UTC+8, dan WIT (Waktu Indonesia bagian Timur) adalah UTC+9. Jadi kalau kota anda tidak ada dalam daftarnya maka tentukan opsinya berdasarkan nilai UTC saja.

Tulis komentar...