Cara meningkatkan Virtual Memory di Windows 7

Virtual Memory adalah salah satu fitur Windows untuk menggantikan peran RAM apabila kekurangan. Apa gunanya? Tentu saja untuk meningkatkan performa kerja Windows saat menjalankan suatu program. Bisa dikatakan ini merupakan pertolongan pertama untuk memperbaiki lambatnya sistem operasi Windows.

Virtual Memory akan mengambil ruang kosong (disk space) dari harddisk yang ada, sekali dialokasikan maka ruang tersebut hanya bisa digunakan oleh Windows dan tidak bisa difungsikan untuk yang lainnya. Secara default Windows 7 akan mengatur secara otomatis Virtual Memory yang digunakan apabila RAM sudah mulai penuh.

Langkah awalnya klik kanan pada Computer dan pilih Properties untuk Windows 7. Sedangkan Windows XP bisa langsung klik kanan pada My Computer dan pilih Properties untuk langsung mengakses System Properties. Caranya tidak jauh berbeda satu sama lain, silahkan diadaptasikan saja.

windows-7-start-computer

Kemudian pilih Advanced system settings.

windows-7-system-information

Pada System Properties pindahkan tab ke Advanaced dan dalam kotak Performance klik Settings.

windows-system-properties-advanced

Di jendela Performance Options pindahkan tab ke Advanced, dan pada bagian Virtual Memory akan tertera berapa besar ukurannya sekarang. Untuk mengubahnya klik Change.

windows-7-performance-options

Hilangkan centang pada Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pada Custom size isikan nilai ukuran virtual memory awal (initial size) dan berapa maksimal ukurannya (maximum size), semuanya dalam satuan MB (Mega Byte). Cara menghitung berapa ukuran Virtual Memory yang ideal secara umum adalah sebesar 2 kali lipat RAM komputer anda, tapi tidak harus diikuti, silahkan diutak – atik. Klik Ok kalau sudah yakin terhadap setting Virtual Memory, dan restart komputer.

windows-7-virtual-memory

Menambahkan ukuran Virtual Memory Windows merupakan solusi sementara, akan lebih baik lagi anda mengupgrade kapasitas RAM supaya penggunaan komputer menjadi lebih leluasa.

Tulis komentar...