Cara menjalankan program langsung dengan hak administrator di Windows

Kadang kita menemukan program di Windows yang membutuhkan hak akses administrator untuk menjalankan tugasnya dan Windows akan meminta anda mengkonfirmasi apakah program tersebut akan diberi hak administrator untuk menyelesaikan tugasnya. Anda sebenarnya bisa melewati dialog permintaan hak akses administrator untuk program tertentu dengan mudah.

Walau anda cukup menekan tombol Accept setiap kali jendela konfirmasi UAC muncul, tapi kalau berlangsung setiap kali menjalankan program akan membuat kita repot. Biasanya pesan yang muncul “Windows needs your permission to continue” atau “Do you want to allow the following program to make changes to this computer?” dan “Do you want to allow the following program from unknown publisher to make changes to this computer?”.

windows-needs-your-permission-to-continue

Kenapa Windows meminta hak akses administrator untuk menjalankan program – program tertentu?

Sejak Windows Vista telah diperkenalkan sistem pengendalian hak akses dari akun yang ada dalam sistem operasi Windows, fitur ini dinamakan User Account Control (UAC). Fungsinya adalah setiap program – program yang ingin mengubah sistem penting di Windows tanpa seijin anda, jadi kesimpulannya adalah untuk keamanan Windows. Sekarang bagaimana cara mengatasi UAC atau permintaan hak akses administrator Windows ini? Ikuti saja satu cara mudah yang akan saya jelaskan berikut.

Menjalankan program dengan hak administrator menggunakan shortcut

Kalau anda menjalankan program langsung dari file aplikasi exe-nya (*.exe), sebaiknya anda buat shortcut untuk program tersebut. Contohnya disini adalah aplikasi Malwarebytes Anti-Malware, klik kanan pada exe-nya dan pilih Create Shortcut.

windows-7-create-shortcut

Maka shortcut aplikasi dari MBAM akan otomatis terbuat. Sekarang untuk menjalankan aplikasi ini selalu dengan hak akses administrator klik kanan pada shortcut program dan pilih Properties

windows-7-shortcut-right-click-menu

Pindahkan tab ke Compatibility, lihat bagian Privilege dan beri centang pada Run this program as administrator. Klik tombol Apply dan OK setelahnya untuk menerapkan perubahan yang telah ditentukan.

windows-7-shortcut-properties-compatibility

Sekarang program tersebut akan langsung dijalankan tanpa meminta konfirmasi hak akses administrator komputer anda. Pastikan terlebih dahulu program tersebut memang membutuhkan administrator untuk tugasnya dan juga konfirmasi program tersebut tidaklah berbahaya.

2 pemikiran pada “Cara menjalankan program langsung dengan hak administrator di Windows”

    • Selamat malam Queen, untuk Windows XP coba tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik kanan pada programnya. Nanti akan muncul opsi Run as.

Tulis komentar...