Cara menjalankan Run command di Windows

Run command atau biasa juga disebut Run dialog box adalah salah tool di Windows yang berfungsi menjalankan program langsung cukup dengan memasukkan nama programnya. Kalau anda tidak bisa menjalan suatu aplikasi dengan cara biasa (double click atau klik kanan dan pilih Open), atau lokasi programnya yang cukup dalam – anda bisa memanfaatkan Run command ini.
windows-7-run-services-msc

Run dialog box ini mampu menjalankan semua program asal terletak di folder instalasi Windows, Program Files dan lokasi sistem lainnya. Jadi apabila lokasi program tersebut tidak di standar sistem operasi Windows biasanya tidak dikenali, ini bisa diatur melalui variabel PATH di Windows.

Berikut adalah daftar cara memanggil Run command di Windows:

  • Menekan kombinasi tombol Windows + R.
  • Klik Start Menu, buka Accessories dan pilih Run.windows-7-start-menu-accessories-run
  • Ketikkan run pada search box di Start Menu Windows.windows-7-search-box-run
  • Buka Task Manager Windows, klik menu File dan pilih New Task (Run…).windows-7-task-manager-new-task

Semua cara menjalankan Run dialog diatas adalah yang saya ketahui sampai sekarang, dan tergantung versi Windows yang digunakan akan terdapat sedikit perbedaan atau malah tidak bisa digunakan sama sekali. Setidaknya dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan variasi Windows Server ada satu cara yang pasti bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan hotkey Windows + R.

Saya yakin masih ada cara lain dalam memanggil Run di Windows yang belum diketahui, kalau anda mengetahuinya silahkan tuliskan di komentar. Setidaknya cara memanggil Run command ini masih wajar semua dibanding beberapa cara menjalankan Windows Explorer.

Satu pemikiran pada “Cara menjalankan Run command di Windows”

Tulis komentar...