Cara mudah konversi file FLAC ke MP3 dan OGG dengan FlacSquisher

File audio dengan format FLAC (Free Lossless Audio Codec) memiliki kualitas terbaik dibanding format audio lainnya, karena kompresi yang dilakukan bersifat tidak ada yang hilang (lossless) dan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding format audio yang tidak dikompresi seperti WAV. Ukuran file FLAC relatif lebih besar dibanding file MP3, bahkan bisa mencapai 10 kali lipatnya dengan lagu atau musik yang sama.

Apalagi kalau anda hanya penikmat lagu biasa bukan audiophile yang memang sensitif terhadap kualitas suara yang didengarkan. Tidak banyak yang bisa membedakan kualitas suara dari codec audio seperti FLAC, OGG dan MP3, sehingga lebih baik melakukan konversi file FLAC ke MP3 atau OGG Vorbis untuk menghemat ruang media simpan anda. Terlebih lagi di perangkat mobile seperti handphone, smartphone dan tablet yang notabene memiliki kapasitas simpan file yang terbatas.

Disinilah FlacSquisher menunjukkan kemampuannya, aplikasi gratis ini memiliki fungsi mengubah file audio FLAC ke MP3 dan OGG. Anda cukup memasukkan lokasi folder yang berisi file FLAC di kotak “FLAC Directory” dan mengisikan lokasi folder penyimpanan hasil konversi audio di kotak “Output Directory”. Bila anda ingin mengubah FLAC ke MP3 maka pada bagian Encoder pilih “Lame (mp3)”, untuk mengubah FLAC ke OGG Vorbis pilih “OggEnc2 (Ogg Vorbis)”. Setelah selesai mengisikan opsi – opsi yang diperlukan, klik tombol “Encode!” untuk memulai proses konversi audio.
flacsquisher

Lama proses encoding ini tergantung seberapa banyak dan besar file FLAC anda, progress bar yang tampil dapat menjadi pemandu kapan selesainya.

Anda bisa melakukan konfigurasi terhadap proses encoding audio di FlacSquisher dengan mengakses menu Tools > Options. Disini anda bisa mengubah lokasi program yang melakukan proses konversi codec audio seperti oggenc.exe, flac.exe, lame.exe dan metaflac.exe apabila anda memiliki versi yang lebih baru, tapi ini tidaklah wajib. Untuk mengubah kualitas hasil konversi klik pada tombol “Encoding Options…”.
flacsquisher-options

Disini anda bisa mengubah konfigurasi kualitas audio hasil konversi dalam format OGG dan MP3 baik secara nilai bitrate atau pilihan kualitas.
flacsquisher-encoding-options
Dengan bantuan FlacSquisher anda bisa merubah file FLAC ke MP3 dan OGG sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Pilihan yang diberikan secara default tampaknya sudah cukup bagi anda yang tidak mau ambil pusing dalam mengkonversi koleki lagu dan musiknya ke MP3 atau OGG Vorbis.

Tulis komentar...