Cara mudah mengetahui IP address public komputer anda

Komputer anda pasti memiliki IP address public untuk terhubung dengan internet, komputer perlu IP address dari suatu website untuk mengetahui lokasinya dan sebaliknya website tersebut perlu tahu IP address komputer anda untuk mengirimkan data – datanya. Sekarang bagaimana cara untuk mengetahui? IP kita sekarang?

Alamat IP public ini adalah yang digunakan untuk berkomunikasi di internet, jarang sekali pengguna internet rumahan diberi satu buah IP address public terdedikasi untuk dia saja. Biasanya satu IP address public dibagi oleh beberapa pengguna sekaligus. Dengan sistem ini anda bisa merubah IP address public anda hanya dengan mematikan dan menghidupkan modem anda kembali. Kalau anda memang perlu untuk mengganti alamat IP publik anda entah untuk menghindari ban atau blokir di suatu website atau ada alasan lainnya, tentu anda ingin melihat apakah IP address anda berhasil digantikan.

Tahukah anda bisa menggunakan Google untuk melihat apa alamat IP publik anda sekarang? Cukup ketikkan “what is my ip” maka Google akan menampilkan IP address public yang sedang anda gunakan sekarang.
google-what-is-my-ip

Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut informasi mengenai IP address public anda, bisa menggunakan What Is My IP Address?. Layanan ini bisa mengenali apa ISP yang digunakan, kota anda, penggunaan proxy dan sebagainya.
what-is-my-ip-address

Ingin mengetahui siapa yang mengelola alamat IP tersebut? Gunakan fungsi Whois dari DomainTools. Masukkan IP address public komputer dan kemudian anda bisa mendapatkan alamat dan nama si pengelola disini.
domaintools-whois-ip-address

Selanjutnya data mengenai koneksi anda internet secara teknis bisa diketahui di ifconfig.me, seperti mengetahui parameter browser dan sebagainya.
ifconfig-me-ip-address

Sebagai penutup, data yang ditampilkan diseluruh situs diatas bisa dikumpulkan dan anda gunakan untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai IP address public yang digunakan.

3 pemikiran pada “Cara mudah mengetahui IP address public komputer anda”

    • Betul mas, malah cukup ketik “ip” saja sudah langsung muncul di Google. Lebih praktis jadinya.

Tulis komentar...