Cara ping di Android

Ping merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendiagnosa koneksi internet dan setidaknya kita bisa melihat secara nyata apakah benar sedang bermasalah atau tidak saat itu. Sebenarnya pada setiap sistem operasi sudah tersedia aplikasi ping walaupun belum tentu pengguna biasa diberi aksesnya dengan jelas, seperti di Android.

Nah… apabila anda penasaran soal bagaimana caranya kita melakukan ping langsung dari handphone Android maka mau tidak mau harus menginstall aplikasi tambahan. Untuk saat ini saya masih merekomendasikan Terminal Emulator for Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=jackpal.androidterm&hl=en. Keunggulannya adalah gratis dan tanpa iklan, juga fitur – fiturnya selain tujuannya ngeping cukup lengkap.

android-terminal-emulator-ping

Cara menggunakan Terminal Emulator sendiri sangatlah mudah, jalankan saja appna seperti biasa dan langsung ketik perintah ping disusul alamat IP atau alamat website. Ya seperti ping 8.8.8.8 atau ping google.com. Dan kalau stop nanti akan muncul kesimpulan koneksinya bagaimana.

Oh ya bedanya ping di Android (dan Linux) dengan Windows adalah selama tidak diberhentikan maka proses ping akan berjalan terus selamanya, kalau di Windows kan cuma 4 kali saja defaultnya kecuali diinstruksikan untuk terus.

Ya intinya tutorial ini kita perlu menginstall command prompt di Android agar bisa memakai ping, dan banyak alternatifnya selain yang saya berikan diatas. Saya cuma mencontohkan dengan app paling sederhana saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...