Cara menggunakan ping untuk memantau kestabilan koneksi internet di Windows

Ping merupakan tool kecil yang manfaatnya besar dan merupakan senjata ampuh untuk troubleshooting masalah jaringan – baik lokal maupun internet. Tahukah anda kalau ping ini bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk melihat kestabilan dan kecepatan respon koneksi internet anda dari waktu ke waktu tanpa henti?

Caranya cukup mudah, akses command prompt di Windows. Kalau menjalankan perintah ping dengan cara biasa maka akan dilakukan pengiriman paket sebanyak 4 kali saja.

windows-7-command-prompt-ping-rto

Ini cukup kalau hanya ingin melihat apakah ada masalah dengan koneksi internet saat itu. Bagaimana kalau anda ingin melakukan ping secara terus menerus tanpa henti?  Mungkin anda ingin monitoring koneksi internet anda tanpa perlu mengetikkan perintah ping setiap waktu. Anda cukup menambahkan parameter -t pada perintah ping, jadi contohnya ketikkan ping -t google.com pada command prompt Windows.
windows-7-command-prompt-ping-t

Maka ping akan melakukan proses ping secara konstan tanpa henti ke tujuan. Anda bisa melihat bagaimana kestabilan koneksi internet anda secara keseluruhan dan kecepatan responnya dari hasilnya.

Untuk menghentaikan proses ping konstan ini anda bisa menekan kombinasi tombol Ctrl+C atau menutup jendela command prompt saja.

2 pemikiran pada “Cara menggunakan ping untuk memantau kestabilan koneksi internet di Windows”

Tulis komentar...