Cara registrasi nomor seluler prabayar

Sudah mendaftarkan ulang nomor hp anda belum? Sebenarnya sudah agak lama beritanya, tapi saya sendiri baru melakukannya barusan saja. Jadi untuk nomor ponsel prabayar (yang jelas mayoritas) diwajibkan registrasi ulang data pemiliknya menggunakan nomor KTP. Ini dilakukan untuk mengurangi penyalahgunaan nomor hp sekali pakai yang sering digunakan untuk menipu atau tindakan lain yang merugikan.

Bagaimana cara registrasi (ulang) SIM cardnya? Ada banyak metodenya kalau dibahas per provider seluler, tapi lebih mudah dan cepat kalau kita manfaatkan yang satu layanan saja. Ya, kita kirim SMS ke nomor 4444 saja sudah cukup.

Tentunya ada format pesan yang dikirimkan agar dianggap valid dan diproses datanya. Bisa anda cek dibawah ini.
Registrasi ulang (nomor lama)

  • ULANG#NOMOR_KTP#NOMOR_KK#
    Contoh: ULANG#1234567890#0987654321#
  • ULANG#NOMOR_KTP#NAMA_IBU#
    Contoh: ULANG#1234567890#IBUKARTINI#

Khusus untuk nama ibu kandung, pastikan persis yang terdaftar di e-KTP namanya. Saya coba berulang kali sempat gagal soalnya, entah diisikan apa dulu waktu bikin. 🙂

Registrasi baru

  • NOMOR_KTP#NOMOR_KK#
    Contoh: 1234567890#0987654321#

Oh ya, ada batasan jumlah usaha pendaftaran nomornya. Sempat muncul pesan kesempatan saya mencoba tinggal 2 kali, dan setelah itu kalau masih gagal harus ke kantor operatornya untuk registrasi manual. Kalau saya hitung tampaknya maksimal 5 kali, setidaknya untuk 3 (Tri).

Nah… apabila lewat SMS anda kesulitan maka bisa lewat website operatornya, tapi menurut saya ada yang lebih merepotkan. Tapi bisa dicoba.

Indosat (M3/Mentari) tidak ada link khusus untuk registrasi ulang kartu prabayar secara online.

Gunakan metode online kalau terpaksa saja, ada yang butuh PUK dan ICCID soalnya. Ini dapatnya di box/kemasan SIM cardnya atau tertera di kartunya sendiri. Repot kalau harus cari atau lepas dulu. Lebih praktis lewat SMS.

Semoga bermanfaat. 🙂

Comments (2)

  1. Yana Oktober 26, 2017
    • Chandra November 23, 2017

Leave a Reply