Cara reset about:config Mozilla Firefox

Untuk pengaturan Mozilla Firefox tingkat lanjut maka kita perlu mengutak – atik secara manual lewat about:config, tapi kadang karena terlalu banya modifikasi kita jadi lupa dimana dan apa saja yang sudah berubah. Apabila kita ingin mengembalikan satu atau dua setting mungkin masih bisa dilacak. Tapi bagaimana kalau kasusnya ingin semua konfigurasinya jadi default?

Tidak ada cara mudah untuk memulihkan seluruh isi about:config menjadi default didalam aplikasi Firefox sendiri. Yang ada saat ini adalah melakukannya secara manual. Silahkan ketikkan alamat about:support dalam browsernya dan ENTER. Didalam halaman yang muncul klik Open Folder, ini akan membuka folder profil browser anda.
mozilla-firefox-profile-folder

Tugas kita selanjutnya adalah menghapus file yang bernama prefs.js, ini berisi seluruh konfigurasi Mozilla Firefox anda. Saran saya anda buat backupnya dulu sebelumnya. Begitu dibuang nanti pada saat browsernya digunakan maka akan otomatis dibuat lagi tapi menggunakan setting default semuanya.

Solusi ini juga cocok untuk mengatasi malware yang membajak search engine default dan jendela popup yang mengganggu pada saat beraktivitas online.

Tulis komentar...