Cara reset Android

Pada suatu waktu kadang kita ingin mengembalikan keadaan sistem operasi Android ke semula, ini bisa dikarenakan adanya kerusakan yang tidak bisa diperbaiki dengan mudah, ingin mengulangi dari kondisi awal yang bersih, ingin diberikan ke saudara, atau akan menjualnya ke orang lain. Supaya tidak ada data atau identitas yang tersisa maka Factory reset adalah solusinya.

Cara reset ulang Android menjadi setting default pabrikan ternyata sangatlah mudah, anda cukup membuka Settings (Pengaturan) dan kemudian cari bagian Personal. Tap pada bagian Privacy. Pada jenis handphone Android lain (Samsung) kadang sudah langsung disediakan fitur Backup & reset, gunakan ini kalau memang disediakan.

android-settings-personal

Catatan saja disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan versi Android 4.2.2 (Jelly Bean) bisa jadi ada perbedaan dengan versi Android lainnya, silahkan diadaptasikan caranya tapi semestinya tidaklah jauh – jauh dari bagian setting Privacy atau Accounts.

Disini perhatikan pada bagian Personal Data, maka akan ada opsi Factory data reset yang fungsinya adalah menghapus semua data pada perangkat Android anda menjadi seperti baru lagi alias bersih tidak bersisa. Tap pada opsi tersebut.
android-settings-privacy

Akan muncul pesan peringatan bahwa seluruh data akun Google, System, Settings, dan App akan dihapus total. Jangan langsung tap Reset phone, tapi geser halamannya kebawah.
android-factory-data-reset

Kalau anda tidak ingin file – file media ikut terhapus seperti lagu, foto, video dan file – file lainnya maka jangan sampai anda beri centang pada Erase phone storage. Terakhir jika anda ingin membackup data pribadi seperti kontak kenalan maka tap di Backup before reset. Kalau sudah yakin maka tap saja Reset phone.
android-erase-phone-storage-backup-before-reset
Proses factory reset akan berlangsung dan data akan dihapus semua sesuai dengan pilihan anda, kalau sudah selesai akan otomatis reboot dan akan kembali ke setting default Android.

Cara ini termasuk soft-reset kalau tidak ada masalah berarti pada perangkat Android anda seharusnya akan berjalan lancar sesuai fungsinya, tapi kalau gagal maka tampaknya anda terpaksa harus melakukan hard-reset dan ini tergantung jenis hardwarenya akan memiliki metode yang berbeda.

Tulis komentar...