Cara restart Mozilla Firefox

Kalau Mozilla Firefox digunakan dalam waktu lama biasanya akan mulai terasa berat dan ngelag saat browsing. Ini hal yang wajar sebenarnya karena memori yang digunakan prosesnya tidak semuanya dibebaskan sewaktu tidak terpakai. Kadang ngeklik link saja bisa seperti ngehang baru muncul tab barunya. Jadi masalahnya ada di performa juga.

Solusinya sih mudah, kita tinggal jalankan ulang Firefox agar segar kembali proses dan memorinya. Tapi kalau kita tutup dan buka ulang dengan cara biasa maka seluruh tab akan hilang dan kita terpaksa mengaksesnya dari daftar riwayat browsing. Merepotkan bukan?

mozilla-firefox-restart

Nah… sebenarnya kita bisa merestart Firefox secara manual, caranya tidak bisa langsung lewat menu sayangnya.

Bagaimana caranya?Silahkan tekan tombol SHIFT+F2 untuk memanggil Developer Toolbar, kemudian ketikkan perintah restart dan ENTER. Selesai. Nanti Firefox akan terbuka kembali beserta seluruh halaman website yang sedang anda buka saat itu.

Yang pasti setiap saya melakukan hal ini memang terasa ringan walaupun jumlah tab yang terbuka aslinya sama, jadi ada hal – hal yang masih diolah oleh Firefox dan baru dilepas setelah direstart.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...