Cara restart komputer melalui command prompt

Beberapa hari ini saya sedang membuat script sederhana dalam Batch command, fungsinya secara singkat untuk menginstall update dan otomatis restart komputer. Nah… saat itu saya lupa perintah command promptnya apa untuk mereboot Windows. Haha… 😀

Yah ternyata perintah cmdnya sama persis dengan untuk shutdown komputer cuma parameternya saja berbeda, yaitu: shutdown /r. Begitu anda tekan ENTER akan langsung dieksekusi instruksinya, jadi kalau belum siap tahan dulu dan simpan pekerjaan anda sebelum terlanjur.
cmd-restart-windows

Karena itulah mungkin perlu timer supaya kita bisa bersiap – siap sebelum komputer benar – benar direboot, jadi kita ada waktu untuk menyimpan data pekerjaan daripada hilang. Perintahnya adalah: shutdown /r /t [waktu_dalam_detik], misalnya dalam 1 menit maka akan seperti ini shutdown /r /t 60.

Bagaimana kalau ingin membatalkan proses restart ini? Jalankan saja perintah: shutdown /a. Semoga anda sempat menjalankannya, kalau tidak ya jelas proses restart atau shutdown komputer sudah dieksekusi.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...