Cara restart paksa Android dengan baterai tanam

Dua handphone Android terakhir saya (ASUS Zenfone 5 dan Meizu m2 note) menggunakan baterai tanam (Non-removable battery). Kalau saya baca – baca sih alasannya agar tetap ramping dengan kapasitas baterai yang cukup besar, ini menggunakan Li-Poly buka Li-Ion lagi teknologinya. Tapi namanya gadget tentu pernah mengalami masalah dan ngehang. Kalau pakai baterai yang removable ya tinggal dilepas maka sudah bisa dihidupkan lagi. Lah kalau baterai tanam?

Ya, saya kebetulan pernah merasakan handphone hang saat terlalu banyak proses yang aktif. Disinilah letak bingungnya bagaimana cara restartnya karena jelas menekan tombol Power tidak muncul menunya. Mau dibiarkan sampai baterainya habis juga akan lama sekali dan takutnya kalau layarnya menyala terus ada apa – apa nantinya. 🙁

Akhirnya setelah mencari – cari solusinya ternyata ada beberapa cara, silahkan coba salah satu:

  • Tekan dan tahan tombol Power. (Ini saya coba di Zenfone 5, tahan selama 10-15 detik, dan Meizu m2 note bisa mencapai 30 detikan)
  • Tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan Volume Up.
  • Tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan Volume Down.
  • Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power, Volume Up dan Volume Down.

Jadi dengan salah satu kombinasi tombol diatas kita bisa memaksa Android untuk restart. Variasinya memang cuma diantara ketiga tombol diatas.

Semoga bermanfaat. 🙂

3 pemikiran pada “Cara restart paksa Android dengan baterai tanam”

    • Aslinya kalau tidak terpaksa jangan pakai metode lepas baterai mas. Resiko yang rusak sistem operas Androidnya.

Tulis komentar...