Cara setting Avatar di WordPress

WordPress menyediakan form komentar pada setiap posting yang dibuat, dan ini memang ditujukan untuk mengembangkan topik yang sedang dibahas dan berdiskusi. Untuk membedakan setiap pengunjung atau komentator selain nama juga gambar profil (avatar) bisa digunakan.

Ada beberapa jenis avatar yang bisa kita pakai di WordPress, mulai dari yang sederhana, artistik, abstrak, lucu sampai polosan bisa dipakai. Tapi ini hanya bisa aktif kalau orang yang komentar tidak mendaftarkan alamat emailnya menggunakan Gravatar. Tentu saja anda bisa mematikan Gravatar kalau mau.

Bagaimana cara mengaktifkan avatar yang anda inginkan? Silahkan akses Settings (Pengaturan) dan pilih Discussion (Diskusi).

wordpress-menu-pengaturan

Setelah itu geser ke bagian bawah dan anda akan menemukan Default Avatar (Avatar Standar). Ada beberapa opsi yang bisa anda pilih:

wordpress-default-avatar

  • Mystery Man – Tampilan polos bayangan orang.
  • Blank – Gambar kosong.
  • Gravatar Logo – Logo dari layanan Gravatar.
  • Identicon (Generated) – Gambar profil abstrak.
  • Wavatar (Generated) – Gambar wajah aneh.
  • MonsterID (Generated) – Avatar anda dalam bentuk monster.
  • Retro (Generated) – Profil anda dalam seni retro 8-bit.

Semuanya yang memiliki tulisan Generated (Diciptakan) akan dibuat berdasarkan alamat email.

Kalau anda ingin memasang atau mengganti avatar penulis di WordPress maka bisa mengakses Gravatar dan mengaturnya. WordPress sendiri tidak menyediakan fasilitas pengaturan avatar secara internal.

Saran saya kalau yang komentar sudah banyak atau ingin memaksimalkan performa WordPress gunakan avatar berjenis Orang Misterius atau Kosong supaya tidak memanggil dan memuat resource dari luar website.

Tulis komentar...