Cara setting default browser di Windows

Ada banyak sekali pilihan software browser di Windows, mulai dari bawaannya Internet Explorer sampai alternatifnya yang lebih populer seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Kalau anda sering berganti – ganti browser tentu bisa secara tidak sengaja mensetting defaultnya saat membuka link, dan ini belum tentu merupakan browser favorit anda. Maka dari itu perlu kita atur kembali apa default browsernya di Windows.

Biasanya saat anda membuka aplikasi browser ini akan ditanyakan apakah ingin menggunakannya sebagai default, dan ini bisa dimatikan. Jadi selanjutnya pilih browser mana yang anda ingin jadikan default dan ikuti salah satu panduan sederhana berikut.

  1. Kita akan mulai dari Internet Explorer, langsung saja klik icon gear di kanan atas toolbar dan pilih Internet Options. Pindahkan pada tab Programs dan klik tombol Make default. Selesai.
    internet-options-programs
  2. Bagaimana dengan Mozilla Firefox? Klik pada icon menu di kanan atas toolbar juga (tiga garis horisontal). Kemudian buka Options, akan terbuka tab General, klik tombol Make Firefox My Default Browser.
    mozilla-firefox-options-general
  3. Akhirnya adalah Google Chrome. Buka tombol menu dan klik Settings, geser akan kebawah (sebelum Show advanced settings) maka anda akan menemukan tombol Make Google Chrome my default browser.
    google-chrome-default-browser

Mudah bukan caranya? Sekarang setiap kali anda membuka link, file html atau apapun yang didukung oleh program browser akan dibuka secara default oleh browser pilihan anda tadi.

Mungkin nanti akan saya update dengan Safari dan Opera. 🙂

Tulis komentar...