Cara setting DNS Server di modem TP-LINK

Mengubah DNS Server di Windows hanya akan berpengaruh pada satu perangkat atau komputer tersebut. Bagaimana kalau anda ingin seluruh perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang memakai TP-LINK untuk menggunakan DNS Server seperti dari layanan OpenDNS atau Google Public DNS? Maka anda harus mensettingnya sendiri di konfigurasi modemnya.Hal ini terpaksa saya lakukan supaya seluruhnya bisa mengakses informasi dengan bebas dengan menghindari blokir situs yang sebenarnya tergolong edukasi dan kesehatan tapi terkena jaring internet yang lebih positif. 🙁

Langsung saja akses halaman administrasi modem TP-LINK (saya menggunakan TD-W8151N) dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1. Anda akan diminta memasukkan username dan password administrator, kalau lupa atau merasa belum pernah menggantinya maka isikan dengan admin dan admin.

adsl-modem-authentication-required

Setelah halaman administrasi terbuka pindahkan ke menu Interface Setup kemudian LAN, geser kebawah sampai anda menemukan DNS Server.

tp-link-interface-setup-lan-dhcp-server

Isikan berapa alamat IP dari server DNS yang ingin anda gunakan sebagai default menggantikan milik Telkom Speedy. Selesai! Nah… setelah perubahan ini maka setiap perangkat yang baru terhubung akan otomatis diberikan DNS server yang baru.

Tulis komentar...