Cara transfer domain keluar dari DynaDot

DynaDot adalah salah satu penyedia layanan pendaftaran nama domain dan hosting terkemuka, ini disebabkan akan kualitas produk dan pelayanannya sangatlah baik dan dibantu dengan harga yang murah. Tidak salah kalau banyak orang memilih DynaDot sebagai tempat untuk membeli domainnya. Tapi memang ada saatnya kita terpaksa memindahkan domain yang ada keluar dari DynaDot dengan sistem transfer yang akan saya jelaskan langkahnya satu persatu.

Langkah awalnya tentu saja dimulai dari membuka website DynaDot. Setelah itu silahkan sign-in ke akun DynaDot anda.

dynadot

Pada halaman Account Summary klik link “full domain list” untuk menampilkan daftar domain yang anda miliki di DynaDot.

dynadot-account-summary

Halaman Manage Domain Names akan terbuka, dan beri centang pada nama domain yang ingin ditransfer keluar.

dynadot-manage-domain-names

Setelah itu klik Set Lock untuk membuka kunci domain. Bila anda belum membuka proteksi akun DynaDot maka anda akan diminta untuk membukanya melalui link “unlock your account”.

dynadot-set-transfer-lock

Pada Account Lock klik tombol Unlock Account untuk membuka kunci akun sementara, ini merupakan fitur keamanan untuk mencegah perubahan tanpa ijin.
dynadot-account-lock
Setelah memastikan akun anda sudah tidak terkunci lagi maka kembali ke halaman Set Lock untuk nama domain tadi.
dynadot-unlock-domains
Sekarang anda bisa membuka proteksi transfer domain dengan klik pada Unlock Domains.

Kembali ke halaman Manage Domain Names, beri centang pada nama domain anda kembali dan kali ini klik Privacy kemudian Edit Privacy. Ubah Privacy Statusnya menjadi Off kemudian klik Submit.
dynadot-set-privacy
Klik nama domain anda untuk membuka halaman Edit a domain untuk nama domain yang terpilih dan kemudian cari bagian “Transfer Lock & Auth Code”. Catatlah Transfer Auth Code yang ditampilkan karena kode ini akan diminta pada tempat tujuan anda memindahkan domain. Nama lainnya adalah EPP code atau key.
dynadot-transfer-lock-auth-code
Sampai tahap ini maka tidak ada yang perlu dilakukan lagi di DynaDot, anda bisa membeli transfer domain di tempat yang anda inginkan dan isikan data yang diminta. Bila sudah dan pihak tempat anda membeli domain sudah berusaha mentransfer domain tersebut dari DynaDot maka anda akan mendapatkan email konfirmasi pada alamat email yang terdaftar sebagai administrator, karena itulah WHOIS Privacy harus dimatikan.
dynadot-email-transfer-away
Klik link yang ada pada email dan anda akan dialihkan ke halaman otorisasi transfer nama domain keluar. Klik I authorize this transfer untuk melanjutkan prosesnya.
dynadot-authorize-transfer-away

Selanjutnya silahkan tunggu proses transfer domainnya sampai selesai, umumnya bisa dari beberapa menit atau minimal 5 hari setelah konfirmasi tergantung registrar domainnya. Sebagai pengalaman saya mentransfer domain dari DynaDot ke NameCheap cuma butuh waktu kurang lebih 5 menit dan sudah berpindah.

4 pemikiran pada “Cara transfer domain keluar dari DynaDot”

Tulis komentar...